Memanggil Para Hacker untuk Lindungi KPU

| 20 Apr 2019 09:41
Memanggil Para <i>Hacker</i> untuk Lindungi KPU
Gedung KPU (Irfan/era.id)

Jakarta, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta bantuan kepada para ahli dalam dunia teknologi, khususnya mereka yang mengerti seluk beluk peretasan, termasuk menyeru kepada para hacker untuk membantu melindungi server KPU. 

Komisioner KPU, Viryan Aziz bilang, dukungan dari masyarakat luas sangat penting untuk membangun sistem demokrasi. Maka, KPU mengajak masyarakat khususnya praktisi hacking untuk ikut ambil andil.

"KPU mengajak rekan-rekan yang memiliki keahlian dalam hacking untuk membantu kita. Tidak mungkin KPU bisa sendirian. Tapi, KPU berikhtiar sebaik mungkin, karena kami juga punya sumber daya untuk hal tersebut," kata Viryan di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).

Lebih lanjut, Viryan menjelaskan, ada beberapa potensi serangan yang menyasar server penyelenggara pemilu ini, mulai dari teknik penolakan layanan secara terdistribusi, sampai upaya mengubah tampilan situs web. 

"Serangannya macam-macam, mulai dari DDoS, upaya deface, kemudian juga ada my skill injection, hal semacam itu terjadi."

"Namun, Alhamdulillah sampai hari ini bisa kita pastikan server dan web KPU masih bisa diakses oleh publik dan melayani kebutuhan masyarakat terkait informasi pemilu."

Rekomendasi