PDIP Siap Kerja Sama dengan Gerindra di Parlemen

| 09 May 2019 17:04
PDIP Siap Kerja Sama dengan Gerindra di Parlemen
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - PDI Perjuangan siap bekerja sama dengan Partai Gerindra di parlemen untuk periode 2019-2024. Kedua partai ini diprediksi menjadi partai yang dapat kursi banyak di parlemen. 

"PDIP siap bekerja sama, termasuk dengan Gerindra sekalipun," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/5/2019).

Berdasarkan hitungan sementara KPU, lima partai yang memiliki suara banyak adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB dan Partai Nasdem. 

Menyesuaikan UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), lima partai dengan suara terbanyak akan duduk di kursi pimpinan parlemen.

Dengan komposisi ini, artinya ada empat partai merupakan pendukung pemerintah, sementara Partai Gerindra sendirian menjadi oposisi.

"Kerja sama dengan partai koalisi Indonesia Kerja dan lima unsur kepemimpinan di DPR RI berdasarkan UU MD3 yang terbaru, maka nanti kepemimpinan itu empat dari partai KIK dan satu dari Gerindra," kata Hasto.

Dari hitungan internal PDIP, partai berlambang banteng ini akan mendapatkan 133 kursi di DPR RI. Sementara, Partai Golkar dengan 82 kursi, Partai Gerindra 80 kursi, PKB dengan 59 kursi dan Partai NasDem 56 kursi.

Dia menambahkan, suara PDIP paling tinggi di 15 provinsi yang suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Artinya ini sebangun, kemenangan PDIP dan kemengan Jokowi-Ma'ruf Amin," kata dia.

Rekomendasi