Jokowi Sudah Teken Pembentukan Pansel KPK

| 13 May 2019 21:43
Jokowi Sudah Teken Pembentukan Pansel KPK
Presiden Jokowi (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai panitia seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terus didesak untuk segera dibentuk.

Jokowi menegaskan, Pansel KPK saat ini sudah dalam pembahasan dan akan segera ditanda tangani oleh dirinya.

“Pansel KPK, Insyallah Minggu ini sudah ditanda-tangani. Baru digodog, banyak nama sudah masuk dan tinggal kita putuskan,” katanya, usai berbuka puasa di rumah dinas Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Jalan Widya Candra, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku, sudah mendapatkan masukan dari berbagai pihak, terkait dengan pembentukan tim seleksi pimpinan lembaga anti rasuah tersebut.

“Dari banyak kita, satu-satu kita lihat. Ya kayak lima tahun yang lalu, satu persatu kita lihat ya minggu ini kita akan tandatangani. Ada dari akademisi ada dari praktisi ada dari pemerintah, ada dari NGO, gabung-gabung,” ucapnya.

Supaya kalian paham, pembentukan pansel Komisi Pemilihan Korupsi (KPK) diutarakan juga oleh Indonesia Corruption Watch (ICW). Mereka mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera membentuk panitia seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2024.

Peneliti ICW, Karunia Ramadhana menilai, pembentukan itu dinilai penting karena masa kepemimpinan era Agus Rahardjo segera berakhir pada Desember ini.

Apalagi, katanya, jika berkaca pada pemilihan pimpinan KPK yang lalu, pansel seharusnya sudah dibentuk pada bulan Mei. Namun, untuk tahun ini, ICW pesimistis pansel bisa segera terbentuk sebab presiden masih berfokus pada hasil Pemilu 2019.

Rekomendasi