Anies Bicara Perubahan Iklim di Jepang

| 21 May 2019 11:44
Anies Bicara Perubahan Iklim di Jepang
Anies berbicara soal perubahan iklim di Jepang (dok. Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang berada di Jepang untuk menghadiri perayaan 20 tahun Sister City antara Jakarta dan Tokyo. Di sana Anies juga akan menjadi pembicara dalam diskusi dari kota-kota peserta G20.

Rangkaian acara ini dimulai sejak Senin (20/5) kemarin. Anies terjadwal menjadi pembicara dalam tiga acara yang berbeda pada hari tersebut dan menjadi panelis dalam sesi pertama tentang Climate Action sehari berikutnya. Setelah itu, Anies dijadwalkan akan langsung kembali ke Jakarta.

"Pemimpin dari kota-kota global hadir. Jakarta juga berpartisipasi untuk terus menunjukkan, kita siap menjadi salah satu kota global di kawasan Asia," kata Anies dalam keterangan tertulis yang disampaikan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Senin (20/5).

Dalam kesempatan tersebut, Anies akan memaparkan rencana aksi Kota Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca dengan melibatkan partisipasi masyarakat. “Seperti Program Kampung Iklim, Bank Sampah, Pertanian Kota, dan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga,” imbuhnya.

Masih dalam rangkaian pertemuan ini, Anies juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahanan, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC.

“Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua,” kata Anies

U20 merupakan platform diskusi antara para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan. Ada tiga topik utama dalam pembahasan agenda U20 adalah Climate Action, Social Inclusion and Integration, dan Sustainable Economic Growth.

Hasil dari inisiatif U20 adalah Communique yaitu rekomendasi konkrit kepada pemimpin G20 tentang bagaimana U20 dapat mendukung kota mengimplementasikan agenda prioritas U20. Dalam pertemuan bergengsi ini, para pemimpin kota secara simbolis akan menyerahkan Communique kepada Perdana Menteri Shinzo Abe selaku Ketua (Chair) dan tuan rumah penyelenggaraan G20 Tahun 2019.

Selain menghadiri U20 Mayors Summit, kunjungan Gubernur ke Tokyo juga untuk merayakan Hubungan Persahabatan Kota Ke-20 antara Tokyo dan Jakarta yang telah terjalin sejak tahun 1989. 

Rekomendasi