Wisatawan Waspadai Abu Vulkanik Gunung Tangkuban Parahu

| 26 Jul 2019 17:44
Wisatawan Waspadai Abu Vulkanik Gunung Tangkuban Parahu
Erupsi Gunung Tangkuban Parahu (dok BNPB)
Jakarta, era.id - Gunung Tangkuban Parahu di Subang, Jawa Barat mengalami erupsi dan menyemburan abu vulkanik ke udara. Semburan kolom abu yang teramati mencapai ketinggian 200 meter dari atas puncak gunung.

Mengutip dari akun Twitter BNPB Indonesia, erupsi Gunung Tangkuban Parahu terjadi sekitar pukul 15.48 WIB dengan durasi selama 5 menit 30 detik.

 

Semburan kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal bergerak ke arah timur laut dan selatan. Dampak erupsi abu dialami sejumlah wilayah di Desa. Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Akibat erupsi Gunung Tangkuban Parahu, BNPB mengingatkan masyarakat baik yang tinggal maupun wisatawan yang ada di sekitar lokasi untuk tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas. 

"Masyarakat dilarang menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks G. Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia," kata Plh. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Agus Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima era.id, Jumat (26/7/2019).

Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal). Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, proses evakuasi masyarakat dan wisatawan di lokasi Gunung Tangkuban Parahu sedang dilakukan. 

"Daerah wisata telah ditutup. Saat ini Tim TRC BPBD Kabupaten Bandung Barat sedang ke lokasi kejadian," lanjutnya.

 

Tags : erupsi gunung
Rekomendasi