Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di Jakarta

| 10 Aug 2019 12:56
Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di Jakarta
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, enggak cuma dengan ikut lomba di lingkungan perumahan kamu, tapi juga bisa jalan-jalan keliling kota Jakarta.

Menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan berbagai acara di destinasi wisata unggulan. Acara ini sengaja digelar untuk menarik minat warga berkunjung ke destinasi wisata di Jakarta serta memberikan alternatif hiburan.

"Sepanjang bulan Agustus ada sejumlah acara yang diselenggarakan di Museum dan Monumen Nasional. Hal ini untuk meningkatkan angka kunjungan ke destinasi wisata di Jakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi kepada wartawan, Sabtu (10/8/2019).

Museum

Beberapa museum menggelar acara bertema perjuangan dan kemerdekaan. Hal ini merupakan salah satu fungsi museum sebagai media edukasi. 

Kamu bisa mengunjungi Museum Kesejarahan dengan agenda napak tilas proklamasi pada tanggal 15 Agustus 2019. Di tanggal yang sama, rombongan napak tilas proklamasi mengunjungi Museum Pengasingan Soekarno dan Hatta di Rengasdengklok. 

Pada tanggal 16 Agustus 2019, akan ada long march dengan rute dari Museum Joang 45–Museum Perumusan Proklamasi–Tugu Proklamasi. Acara tersebut akan diikuti oleh Guru-guru mata pelajaran sejarah dan komunitas.

Pada tanggal 17 Agustus, Museum Wayang, Museum Seni Rupa, dan Keramik juga mengadakan atraksi khusus untuk menyambut kemerdekaan RI, bertempat di Lapangan Romsol Wijaya Kusuma, Koramil 03/GP, Jakarta Barat. 

"Museum Wayang menyuguhkan pagelaran wayang di ruang publik berupa wayang kulit dengan lakon 'Kresno Sayemboro' yang dimainkan oleh dalang Ki Pandu Gandang S," tutur Edy. 

Tanggal 8-31 Agustus, Museum Seni Rupa dan Keramik menggelar pameran unggulan dengan tema 'Revolusi Fisik Diplomatik Estetik'. Pameran juga akan diisi dengan talkshow, workshop, dan gelar kreativitas seni untuk pelajar.

Monumen Nasional

Sebagai ikon Kota Jakarta, Monumen Nasional (Monas) turut menyelenggarakan Festival of Light mulai tanggal 15-25 Agustus 2019, mengulang sukses video maping Monas pada saat Asian Games 2018. 

"Kali ini warga Jakarta akan kembali disuguhkan keindahan Monas pada saat malam hari, selain maping video Monas juga akan dipercantik dengan lampion warna-warni dan pertujukan laser di air mancur," jelas dia. 

Hiburan lain

Tak hanya di museum dan Monas, sejumlah destinasi wisata DKI juga punya acara ciamik lainnya. 

Tanggal 17 Agustus, Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu mengadakan konser musik dengan tajuk 'Konser Merah Putih' di Pulau Pramuka, tak lupa dengan bintang tamu utama Wali Band. 

Pada 18 Agustus, Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur mengadakan BKT Festival di Banjir Kanal Timur Rawadas, Pondok Kopi. Bintang tamu yang dihadirkan adalah band The Fly, Coboy, Caffeine dan Junior Reborn. 

Terakhir, pada 18 Agustus, Taman Mini Indonesia Indah akan mengadakan Festival Bazar kuliner ibu-ibu PKK, bertempat di Anjungan Provinsi DKI Jakarta.

Rekomendasi