Trump Batal ke Denmark Setelah Ditolak Beli Greenland

| 21 Aug 2019 11:37
Trump Batal ke Denmark Setelah Ditolak Beli Greenland
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: Twitter @realDonaldTrump)
Washington, era.id - Presiden AS Donald Trump membatalkan kunjungannya ke Denmark, pada Selasa (20/8). Kunjungan ini batal setelah rencana Trump membeli Greenland ditolak Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen.

Pertemuan di Coppenhagen dengan Mette ini, ditemani Perdana Menteri Greenland Kim Kielsen, akan membahas masalah Kutub Utara.

"Denmark adalah negara yang sangat istimewa dengan rakyat yang luar biasa, tapi berdasarkan komentar Perdana Menteri Mette Frederiksen bahwa ia tidak tertarik membahas penjualan Greenland, saya menunda pertemuan kami yang dijadwalkan dalam dua pekan lagi..." kicau Trump di Twitter.

Dilansir Antara, Rabu (21/8/2019) Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, Trump telah menghapuskan rencana singgah pada 2-3 September di Denmark, yang merupakan sekutu AS di NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara). 

Sebelumnya, pada Minggu (18/8) Mette Frederiksen mengatakan gagasan untuk menjual Greenland kepada Amerika Serikat tidak masuk akal. 

"Greenland tidak dijual. Greenland bukan Denmark. Greenland milik Greenland. Saya sangat berharap bahwa ini tidak dimaksudkan dengan serius," kata Mette Frederiksen kepada surat kabar Sermisiaq selama kunjungan di Greenland.

Trump tertarik membeli Greenland yang merupakan wilayah otonomi Denmark karena geopolitiknya yang strategis. 

Pada Senin (20/8), Trump memposting gambar bangunan Trump Tower berwarna keemasan menjulang di antara gugusan rumah di pulau Kutub Utara itu, dan menulis, "Saya berjanji untuk tidak melakukan ini pada Greenland!"

 

Rekomendasi