Gempa Landa Wilayah Bogor, Tak Berpotensi Tsunami

| 23 Aug 2019 13:17
Gempa Landa Wilayah Bogor, Tak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi gempa di Bogor (Foto: Twitter @BNPB_Indonesia)
Jakarta, era.id - Gempa mengguncang wilayah Bogor, sekitar pukul 11.10. Gempa kekuatan 4 magnitudo ini berpusat di koordinat 6.7 LS - 106.51 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 101 km BaratDaya Bogor dengan kedalaman 5 Kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan, ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik.

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan  di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Ciptagelar dengan Skala Intensitas III MMI, di Panggarangan Jatake, Cikotok dan Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI.  Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. 

 

Dia menambahkan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Namun, masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Untuk memantau informasi gempa ini lebih lanjut bisa melihat http://balai2.bmkg.go.id/.

Tags : gempa
Rekomendasi