Supaya Proses Pembayaran Pensiun Lebih Mudah

| 19 Jan 2018 17:46
Supaya Proses Pembayaran Pensiun Lebih Mudah
Direktur Utama PT Taspen Persero Iqbal Latanro (Yosi/era.id)
Bogor, era.id - Kartu pintar dari Taspen akhirnya resmi diluncurkan. Dengan kehadiran kartu ini, pembayaran dana pensiun akan jauh lebih mudah dan bisa dipantau.

PT Taspen, perusahaan pengelola dana pensiun, bekerja sama dengan Telkom Sigma dan Mitra Bayar Pensiun meluncurkan Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun. Perusahaan memanfaatkan teknologi melalui Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun dengan mengembangkan Sistem New e-Dapem dan penerapan Taspen Smart Card secara nasional di Mitra Bayar dengan menggunakan autentikasi online terpusat.

Sistem autentikasi ini berbasis data biometrik seperti sidik jari (finger print), perekaman wajah (face recognition), dan perekaman suara (voice recognition). Pemanfaatan teknologi tadi dapat diakses melalui aplikasi mobile di smartphone penerima pensiun sehingga proses lebih cepat.

Direktur Utama PT Taspen Persero Iqbal Latanro menyatakan layanan digital ini untuk menekan fraud atau kegagalan autentikasi. Apalagi perusahaan ini mengelola dana pensiun sekitar Rp7 triliun milik 2,5 juta pensiunan.

"Dinamisnya perkembangan teknologi mendorong Taspen memanfaatkan dalam rangka mempermudah autentikasi peserta dan juga mempermudah reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun. Tentunya ini akan mempermudah proses pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur," kata Iqbal di Bogor, Jumat (19/1/2018).

Hebatnya lagi, kartu pintar ini tidak hanya berfungsi sebagai identitas pensiun saja. Tapi bisa juga sebagai Kartu ATM dan Debit hingga dan kartu diskon untuk toko yang sudah bekerja sama dengan Taspen.

"Melalui sinergi BUMN antara Taspen dan Telkom Group ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kinerja dan benefit kedua perusahaan, namun sekaligus memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia," tambah Iqbal.

Dilansir dari website resmi Taspen, smart card ini merupakan bentuk modernisasi kartu identitas peserta yang memiliki multifungsi. Para peserta Taspen dapat memperoleh manfaat ganda, misalnya bisa menjadi kartu diskon atau kartu untuk mendapatkan layanan perawatan. Selama ini, kartunya berukuran besar seperti ijazah. Namun kini lebih kecil dan ringkas sehingga bisa dibawa ke mana-mana. (Yosi)

Tags :
Rekomendasi