Cosplay Aladdin Ganggu Kampanye Trudeau

Tim Editor

Justin Trudeau (Instagram/JustinPTrudeau)

Jakarta, era.id - Presiden Kanada Justin Trudeau tersandung isu rasial terkait beredarnya foto buku tahunan yang menunjukkan dirinya berdandan dalam riasan berwajah gelap di sebuah pesta kostum. Ujian bagi Trudeau di masa pemilihan nasional.

Rabu (18/9), majalah Time mengunggah foto tersebut. Menurut laporan Time, foto itu terbit dalam buku tahunan West Point Grey Academy, sebuah sekolah swasta di British Columbia.

Foto diambil sekitar tahun 2001, sebelum ia memasuki dunia politik. Saat itu, Trudeau bekerja sebagai guru West Point Grey Academy. Dalam foto, nampak Trudeau mengenakan serban dan jubah. Tangan, wajah, hingga leher Trudeau dipoles dengan riasan berwarna gelap.

Menurut keterangan Juru Bicara Partai Liberal Cameron Ahmad, foto itu diambil dalam jamuan tahunan sekolah yang kala itu mengangkat tema Arabian Night. Dan Trudeau, memang sengaja berdandan menyerupai tokoh Aladdin.

Trudeau telah meminta maaf dan mengakui penyesalannya. "Aku kesal pada diriku sendiri, aku kecewa pada diriku sendiri," kata Trudeau di atas pesawat kepada wartawan yang mengikuti kampanyenya, dikutip Metro, Kamis (19/9/2019).

Sayang, peredaran foto itu terlanjur menodai kampanye Trudeau yang baru dimulai satu minggu lalu. Dan langkah Trudeau menghadapi pesaingnya dari Partai Konservatif, Andrew Scheer semakin berat.

Menurut jajak pendapat, pamor Trudeau di dalam negeri perlahan menurun, meski seluruh dunia masih mengaguminya. Di dunia, Trudeau begitu dikagumi karena kebijakan progresifnya, di mana Kanada menerima lebih banyak pengungsi daripada Amerika Serikat di era Trump.


Trudeau dengan riasan Aladdin (Sumber: West Point Grey Academy)

Tag: kanada

Bagikan: