Besok Giliran Mujahid 212 yang Demo

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Demonstrasi akan kembali digelar. Namun aksi kali ini bukan dimotori oleh kalangan mahasiswa ataupun pelajar. Aksi ini diprakarsai oleh Persaudaraan Alumni 212 dan rencananya akan digelar di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (28/9).

Kumpulan ormas-ormas Islam itu mengganti nama aksi yang semula bernama Parade Tauhid Indonesia menjadi Aksi Mujahid 212 Selamatkan NKRI. Nantinya massa akan berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, mulai pukul 08.00 WIB dan akan begerak menuju Istana.

Ketua Panitia Aksi Mujahid 212 Ustaz Edy Mulyadi mengatakan, ada sejumlah hal yang mendasari aksi ini. Pertama, aksi mahasiswa menurutnya masih dihadapi oleh aparat dengan sikap represif.

"Kami menyesalkan timbulnya korban luka, meninggal, bahkan hilang," ujarnya dalam keterangan yang diterima era.id, Jumat (27/9/2019).

Kedua, munculnya aksi para pelajar sebagai sebuah fenomena yang sebelumnya tidak pernah terjadi dalam eskalasi politik di negeri ini. "Aksi yang berlangsung spontan dan tanpa komando yang jelas ini pun berakhir ricuh dan diamankannya ratusan pelajar oleh pihak aparat," sambungnya.

Ketiga, kerusuhan di Wamena, Papua, dengan korban puluhan jiwa dan eksodus warga pendatang dari wilayah Papua juga akan menjadi isu yang diangkat.

Terakhir, bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang juga akan mereka suarakan dalam aksi tersebut. Edy bilang, pihaknya menyesalkan karhutla tidak cepat ditangani pemerintah sehingga menyebabkan ratusan ribu warga terdampak asap pekat dan menderita penyakit hingga timbul korban jiwa.

Tag: demo

Bagikan: