Percaya Dirinya DPD ingin Pimpin MPR

| 03 Oct 2019 10:57
Percaya Dirinya DPD ingin Pimpin MPR
Fadel Muhammad terpilih jadi perwakilan DPD untuk pimpinan MPR (Gabriella/era.id)
Jakarta, era.id - Fadel Muhammad diusulkan jadi pimpinan MPR RI mewakili unsur DPD RI. Dia langsung bertekad mengincar kursi ketua MPR. Alasannya, jumlah anggota DPD terbanyak dibanding fraksi partai politik DPR.

"DPD adalah fraksi yang terbesar jumlahnya dibandingkan partai-partai yang lain, 136 (anggota), sehingga pantas untuk menjadi pimpinan, Ketua di MPR," ujar Fadel usai pemilihan pimpinan MPR RI dari unsur DPD di ruang paripurna, Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019) malam.

Fadel akan melakukan lobi fraksi di DPR untuk mendapatkan kursi ini, meski dia tahu lawan terberatnya adalah Bambang Soesatyo  yang sudah dapat restu dari sejumlah fraksi di DPR.

"Saya merencanakan jam 9 sudah ketemu dengan empat partai politik untuk membicarakan (posisi ketua MPR). Nanti lebih siang lagi mungkin kita akan ke partai besar," ucap Fadel.

Fadel juga akan melobi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk memuluskan langkahnya meraih posisi ketua MPR RI. Apalagi, PDIP merupakan partai pemenang pemilu dan memiliki paling banyak anggota DPR.

"Saya juga akan ketemu dengan Ibu Mega, saya kenal baik dengan beliau, saya dekat dengan baliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena beliau adalah partai pemenang pemilu, kita hormati hal itu," tuturnya.

"Pokoknya DPD minta bargaining yang tepat sehingga bisa mengharagi DPD. Karena DPD sudah berubah. Kita kompak," ujarnya.

Sementara, PDI Perjuangan sudah menentukan sikap mendukung Bambang Soeatyo menjadi ketua MPR RI lima tahun mendatang. Hal tersebut merupakan keputusan Megawati selaku Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," ungkap Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Basarah melalui keterangan tertulisnya, Rabu (2/10/2019).

Untuk diketahui, Fadel merupakan kandidat terpilih Pimpinan MPR RI mewakili DPD dengan perolehan suara sebanyak 59 suara. Dia mengalahkan tiga kandidat lainnya yaitu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas (46 suara), Yorrys Raweyai (16 suara), dan Dedi Iskandar Batubara (5 suara).

Total anggota DPD yang menggunakan hak pilihanya berjumlah 126 orang. Sedangkan jumlah anggota DPD secara keseluruhan di periode 2019-2024 sebanyak 136 orang. Dengan demikian ada 10 orang yang tidak ikut melakukan voting.

Fadel merupakan nama yang disodorkan oleh sub wilayah Timur I. Setelah terpilih, nama politisi senior Golkar ini akan dibawa ke rapat gabuangan antara pimpinan sementara MPR RI dan fraksi-fraksi partai politik DPR juga kelompok DPD RI.

Rapat pleno yang digelar sejak pukul 16.00 WIB itu berlangsung cukup alot dan baru selesai jelang tengah malam. Hujan intrupsi dan skors sidang pun menghiasai suasan rapat.

Dari catatan era.id, sebanyak 8 kali rapat pleno diskors. Skors terlama terjadi saat masing-masing sub wilayah menentukan perwakilannya untuk maju sebagai pimpinan MPR RI.

Tags : dpd mpr
Rekomendasi