Kala Bamsoet Bujuk Muzani Supaya Menyerah

| 03 Oct 2019 18:39
Kala Bamsoet Bujuk Muzani Supaya Menyerah
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Jalan politikus Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuju kursi Ketu MPR RI kian lapang. Mayoritas fraksi di MPR menyatakan dukungannya untuk Bamsoet.

"Seluruh fraksi koalisi, ditambah Demokrat, PKS, PAN, solid mendukung Pak Bambang Soesatyo. DPD juga mendukung," ungkap Ketua Fraksi NasDem Johnny G. Plate, di sela rapat musyawarah di Ruang Abdul Muis, Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Dengan demikian, rival Bamsoet, Ahmad Muzani hanya didukung oleh partainya sendiri yakni Gerindra. Johnny berharap jika tak ada voting dalam rapat paripurna nanti, karena mantan Ketua DPR itu sudah didukung oleh mayoritas fraksi.

Saat ini, antara Bamsoet dan Muzani sedang berbicara dari hati ke hati untuk memutuskan siapa yang nanti akan menduduki kursi RI-5. "Untuk mengatasi itu saat ini ada pembicaraan one on one, hati ke hati antara Pak Bamsoet dengan Pak Muzani calon dari Gerindra. Saya kira tidak alot lah, kan hanya berdua berunding," katanya.

Baca Juga: Kursi Ketua MPR RI Bisa Jadi Milik Golkar

DPD pun akhirnya menyerah. Fadel Muhammad yang merupakan calon pimpinan MPR RI perwakilan dari DPD juga tak lagi ngotot meributkan posisi ketua MPR. Awalnya DPD ngotot meminta agar ketua MPR RI diserahakan kepada Fadel. Alasannya, suara DPD jauh lebih banyak dibanding PDIP yang merupakan partai pemenang Pemilu 2019.

Namun pada menit-menit terakhir, DPD resmi mendukung Bamsoet. Dari surat rekomendasi DPD RI kepada pimpinan fraksi Golkar, tertulis bahwa DPD mendukung Bamsoet sebagai ketua MPR RI.

"Kami sampaikan dengan hormat, kelompok DPD RI di MPR RI menyampaikan dukungan terhadap pimpinan MPR RI periode 2019-2024 sebagai berikut: Bambang Soesatyo asal Fraksi Golkar sebagai Ketua MPR RI dan Fadel Muhammad asal kelompok DPD RI sebagai Wakil Ketua I MPR RI," demikian surat rekomendasi yang ditandatangani oleh ketua pimpinan kelompok DPD, Intsiawati Ayus dan Abraham Liyanto.

Sebelumnya, DPD terlebih dahulu mengajukan lima syarat sebelum mendukung Bamsoet. Lima syarat itu yakni pelibatan DPD dalam dana transfer daerah, pelibatan DPD dalam pengaturan dana desa, pelibatan DPD dalam pengaturan dana insentif daerah, dan perbaikan sejumlah regulasi terkait pemerintahan daerah.

Surat rekomendasi DPD itu pun dibenarkan oleh Fadel. Ia juga mengaku syarat yang diberikan oleh DPD sudah disetujui oleh Golkar.

"Ini sudah disetujui ketua umum Partai Golkar, kemudian meminta kepada saudara Bamsoet dan teman-teman di fraksi meminta dukungan. Sekarang kami dukung partai Golkar dengan syarat itu," pungkas Fadel.

Tags : mpr
Rekomendasi