Wanita ISIS Serang Kamp Pengungsian

| 12 Oct 2019 12:01
Wanita ISIS Serang Kamp Pengungsian
Serangan di kamp Al Hol (dailymail)
Jakarta, era.id - Puluhan wanita anggota ISIS menyerang kantor keamanan dengan menggunakan tongkat dan batu pada hari Jumat (11/10) waktu setempat. Mereka mencoba membebaskan diri dari kamp pasukan pimpinan Kurdi di timur laut Suriah. 

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (12/10/2019) seorang pejabat dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF), Marvan Qamishlo mengatakan, insiden di kamp al-Hol ini merupakan insiden kedua tapi lebih besar dari kerusuhan sebelumnya. 

Sebuah video yang dimiliki oleh SDF menunjukkan puluhan wanita berlari di ruang terbuka dengan beberapa pria yang tampak sedang mengejar mereka semua. Diketahui bahwa kamp itu menampung puluhan ribu orang. Hampir semuanya perempuan dan anak-anak yang dipindahkan dari wilayah ISIS. 

 

Pada Kamis (10/10), seorang pejabat Kurdi telah memperingatkan kemungkinan tahanan ISIS berupaya melarikan diri karena penjagaan yang minim.

"Para wanita Daesh (ISIS) bangkit melawan pasukan keamanan di al-Hol. Mereka membakar tenda dan menyerang kantor administrasi dan keamanan di sana dengan batu dan tongkat," kata Qamishlo.

Qamishlo mengatakan sebelumnya pernah terjadi kejadian kerusuhan yang serupa. "Tapi kali ini sepertinya sudah terkoordinasi, dan lebih besar," ungkapnya.

Dari hasil laporan beberapa badan bantuan,kamp yang dapat menampung puluhan 68 ribu jiwa ini sangat tidak layak bagi tahanan. Human Rights Watch mengungkapkan pada bulan Juli lalu bahwa lebih dari 11.000 perempuan dan anak-anak dari berbagai negara telah ditahan ditempat tersebut dalam kondisi yang memprihatinkan. 

 

Rekomendasi