Melihat Gedung Kura-Kura Bersolek Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

| 17 Oct 2019 20:14
Melihat Gedung Kura-Kura Bersolek Jelang Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Gedung DPR (Anto/era.id)
Jakarta, era.id - DPR dan MPR bersolek menyambut tamu-tamu kenegaraan yang akan hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden. Berbagai persiapan dilakukan. 

Pantauan era.id, pilar-pilar di depan lobi Gedung Nusantara III sudah dilapisi kayu tipis atau tripleks dan dicat warna putih. Begitu juga area sentral tempat pelantikan, yakni Gedung Nusantara atau Gedung Kura-kura. Pilar-pilar di lobi gedung sudah dilapisi ornamen serupa.

Beranjak ke arah tangga jalan dan lobi utama. Bendera merah putih besar dibentangkan di sisi kiri gedung, tepatnya di atas lift yang akan digunakan sebagai akses para tamu kenegaraan menuju ruang sidang paripurna.

Menuju ke lantai atas. Di area ini terlihat beberapa pekerja sedang merapikan kabel-kabel. Sedangkan di area dalam ruang sidang, karpet merah sudah mulai dipasang. Terlihat juga pekerja yang sedang memasang lampu-lampu di atas meja sidang.

Sekretaris Jenderal MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan, pihaknya telah siap untuk melaksanakan sidang paripurna pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Apalagi, waktu pelantikan tersebut sudah memasuki h-3.

"Waktunya sudah dekat. Baik itu gedungnya, tata tempat untuk anggotanya, dan lain-lainnya yang menyangkut sarana dan prasarana menuju sidang paripurna sudah siap. Pasti sudah 90 persen lah," tuturnya, saat dihubungi era.id, di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Selain itu, Ma'ruf mengungkap, layanan protokoler hingga layanan kehumasan juga siap. Sebab, semua sudah dikoordinasikan cukup lama persiapannya.

Terkait dengan interior lobi hingga ruang sidang paripurna, Ma'ruf menjelaskan, tidak ada konsep atau tema khusus yang disiapkan DPR/MPR guna menyambut tamu kenegaraan. Meski begitu, dirinya tak menampik ada beberapa perbaikan yang dilakukan.

"Intinya begini, tidak hanya pilar-pilar. Semua prasarana dan sarana tentu dalam kondisi. Pertama, siap pakai," jelasnya.

"Kedua, karena akan menerima undangan sedemikian banyak tidak hanya dalam negeri tetapi juga negara-negara sahabat, kepala pemerintahan, wakil kepala negara dan utusan khusus. Tentu, Gedung DPR harus dalam kondisi yang layak. Kemudian bisa mendapat apresiasi bagus, tidak hanya di mata kita sendiri tetapi juga dunia internasional," lanjutnya.

Ma'ruf menjelaskan, persiapan ditargetkan akan selesai pada hari ini. Sebab, sesuai jadwal yang sudah disepakati, besok akan digelar gladi kotor jelang pelantikan.

"Gladi bersihnya H-1 hari sabtu. Berarti kan boleh dikatakan persiapannya sudah 90 persen ke atas," jelasnya.

Terkait anggaran yang harus dikeluarkan untuk segala persiapan, Ma'ruf tak mengungkapnya. "Intinya, kalau budget itu adalah standar untuk pelaksanaan sidang-sidang yang dibebankan kepada APBN. Itu kebutuhan yang sangat standar dan tentu efesien. Intinya seperti itu," tutupnya.

Tags :
Rekomendasi