Pipa BBM Pertamina Terbakar di Tol Purbaleunyi

Tim Editor

Pipa Pertamina di Cimahi yang terbakar (dok. RTMC Polda Jabar)

Bandung, Era.id – Pipa penyaluran bahan bakar minyak (BBM) milik Pertamina meledak dan terbakar di Tol Purwakarta Bandung Cileunyi (Purbaleunyi), tepatnya di Kilometer 130, Melong, Kota Cimahi, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019).

Humas Jasa Marga Tol Purbaleunyi Nandang Elan mengatakan, akibat insiden ini arus lalu lintas di tol arah Cimahi-Bandung menuju Jakarta sempat terganggu, begitu juga dari arah sebaliknya.

Pascakejadian, arus lalu lintas di Tol Purbaleunyi perlahan bisa diatasi. “Untuk jalur Bandung yang arah ke Jakarta dari Cileunyi-Pasir Koja sekarang sudah mulai kebuka. Kalau untuk yang ke arah timur masih tersendat sampai Interchange Pasteur, sekitar 4-5 km untuk jalur yang ke arah timur,” terang Nandang Elan, saat dihubungi.

Elan menjelaskan, kendaraan yang akan bergerak ke arah timur sebelum lewat Interchange Pasteur bisa keluar di tol Baros, kemudian masuk ke Kota Cimahi-Cimindi, yang nantinya masuk lagi ke Tol Pasir Koja.

Kendaraan juga dialihkan ke Gerbang Tol Paster menuju jalan layang Pasupati menuju Tol Buah Batu. “Kalau yang sudah terlanjur lewat Interchange Pasteur, itu masih berjalan perlahan,” katanya.

Kondisi di dalam tol akibat insiden kebakaran tersebut membuat arus lalu lintas padat merayap. Pihak tol sudah memasang peringatan dan himbauan tentang adanya kebakaran tersebut.

Sementara Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina, Dewi Sri Utami, membenarkan insiden kebakaran pipa penyaluran BBM tersebut. Saat ini pihaknya dan lembaga terkait sedang melakukan investigasi penyebab kebakaran.

Dewi menepis terjadi kebocoran pipa. "Belum diketahui penyebabnya. Kami tidak bisa katakana itu kebocoran atau tidak, itu masih dalam proses investigasi. Posisinya itu di pinggir sekitar jalan tol. Jadi kelihatan," katanya, saat dikonfirmasi. (IIman Herdiana)

Tag: kebakaran hutan

Bagikan: