Menghitung Jatah Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet

| 23 Oct 2019 08:18
Menghitung Jatah Kursi Menteri dari Parpol di Kabinet
Syahrul Yasin Limpo (era.id)
Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo telah memanggil seluruh nama yang bakal duduk sebagai menteri di Kabinet Kerja jilid II. Proses pemanggilan 33 nama ini dilakukan sejak Senin (21/10) hingga Selasa (22/10) malam.

Dari 33 orang calon menteri yang dipanggil ada sekitar 15 nama yang bakal menjabat di Kabinet Kerja jilid II dari kalangan partai politik.

Dari 15 nama itu, PDIP menyumbang tiga menteri yang diisi oleh Wakil Bendahara Umum PDIP yaitu Juliari Pieter Batubara, Ketua DPP PDIP Yassona Laoly, dan Tjahjo Kumolo.

Sedangkan dari Golkar ada tiga nama yang masuk. Mereka adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato, mantan Menteri Sosial, politikus Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita dan Zainudin Amali.

Untuk NasDem, ada tiga nama yang akhirnya terpilih masuk dalam kabinet diantaranya adalah Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, Siti Nurbaya Bakar, serta Syahrul Yasin Limpo.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) besutan Muhaimin Iskandar juga kebagian rata. Tiga kader PKB yang bakal duduk di kabinet adalah Wakil Ketua Umum PKB Ida Fauziyah, Ketua DPW PKB Jatim sekaligus kakak kandung Muhaimin Iskandar, yaitu Abdul Halim Iskandar, dan politikus PKB yaitu Agus Suparmanto.

Baca Juga: Banjir Kritik untuk Erick Thohir yang Hadir di Medan Merdeka Utara

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyumbang satu nama yang masuk ke dalam kabinet, yaitu Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa yang merupakan pengganti Romahurmuziy yang terjerat kasus dugaan suap. Jumlah kursi PPP di kabinet tidak kurang dan tidak lebih dari periode pemerintahan sebelumnya.

Sedangkan Partai Gerindra yang baru bergabung di pemerintahan mendapatkan dua jatah menteri dari Jokowi. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo juga bakal jadi menteri di Kabinet Kerja jilid II.

Masih Banyak Muka Lama

Sejumlah Menteri yang duduk di Kabinet Kerja jilid I pun banyak yang meneruskan kerja mereka di periode 2019-2024. Mereka adalah Sri Mulyani yang dipastikan menjabat sebagai Menteri Keuangan kembali, Siti Nurbaya yang bakal duduk sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu ada Basuki Hadimuljono yang bakal tetap jadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Budi Karya Sumadi yang bakal tetap jadi Menteri Perhubungan, dan Menteri ATR yang tetap dijabat oleh Sofyan Djalil. Sedangkan untuk Retno Marsudi saat ini tetap menjalankan tugasnya sebagai Menteri Luar Negeri dan tengah melakukan lawatan bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Sementara Agus Gumiwang yang posisinya kini ditempati Wakil Bendahara Umum PDIP Juliari Batubara, diprediksi bakal bergeser ke bidang manufaktur. "Beliau menugaskan kepada saya berkaitan dengan pentingnya kita melakukan transformasi manufaktur dan mengingatkan pentingnya kita bisa menciptakan kondisi dimana industri kecil bisa jadi supply chain di industri," jelas Agus di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

Sedangkan Bambang Brodjonegoro yang tadinya menjabat sebagai Kepala Bappenas kini mendapat tugas baru dari Jokowi. "Tadi bapak presiden ajak bicara diskusi fokus kepada bagaimana kita perkuat SDM di satu sisi, tetapi di sisi lain juga dalam waktu yang tidak terlalu lama kita harus tingkatkan daya saing perekonomian kita, baik di sektor industri, pertanian maupun yang lainnya," kata Bambang.

Sementara Luhut Panjaitan walau tetap menjabat sebagai Menko Maritim bakal ditambahkan tugas oleh Jokowi untuk mengurus investasi. "Saya diminta Pak Presiden kembali mengurusi kemaritiman ditambah investasi," ungkapnya.

Ada pula nama Jenderal Purn. Moeldoko yang juga dipanggil lagi ke Istana. Mantan Panglima TNI ini tidak mau menjelaskan secara jelas dimana dirinya bakal ditempatkan. "Bidangnya tidak berubah," tegas dia.

Hanya saja, Moeldoko menegaskan dirinya memang diminta membantu Jokowi di periode keduanya bersama Ma'ruf Amin. "Intinya saya diminta membantu beliau melaksanakan tugasnya," tutupnya.

 

Tags :
Rekomendasi