Kelakar Jonan Lepas Jabatan Menteri ESDM

| 23 Oct 2019 19:45
Kelakar Jonan Lepas Jabatan Menteri ESDM
Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan (dok. Kementerian ESDM)
Jakarta, era.id - Ignatius Jonan resmi telah menyerahkan jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada Arifin Tasrif, usai dilaktik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Jonan Dalam sambutannya, mengaku senang posisinya digantikan Arifin. Menurut Jonan, Arifin merupakan kawan lama yang telah lama dikenalnya.

“Saya senang digantikan teman lama. Dua puluh tahun saya mengenal dia,” kata Jonan dalam upacara serah terima jabatan di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Mantan Menteri Perhubungan ini juga sempat berkelakar terkait penampilan Arifin yang terlihat muda dibandingkan dirinya. “Saya tambah tua Pak Arifin kelihatan lebih muda, mungkin teman golf baru-baru ya,” ujar Jonan berkelakar diiringi tawa pegawai dan tamu undangan.

Bukan hanya menteri baru yang menjadi sasaran Jonan. Bahkan Archandra Tahar yang menjadi wakilnya di ESDM juga tak luput dari sasaran ledekannya. Jonan meledek Archandra yang tidak pernah mentraktirnya meski tiga tahun belakang kerja bareng.

“Saya ini menjadi Menteri ESDM selama tiga tahun. Selama tiga tahun itu baru sesekali makan bareng. Bahkan selama itu saya tidak pernah ditraktir sama dia. Padahal pendapatan dia banyak,” ujar dia yang juga diiringi tawa.

Jonan kembali sedikit serius, pada saat menyinggung pekerjaan di sektor ESDM. “Beliau di sektor minerba mungkin kurang mengerti. Tapi untuk di sektor migas dia sangat tahu,” kata dia.

Terakhir dia menitipkan proyek besar yang belum sempat diselesaikan. Pada Arifin, ia meminta agar mengawal terus negosiasi di Blok Masela yang kini  digarap oleh Inpex, perusahaan Jepang. “Saya titip ada proyek besar, ini inpex,” kata dia.

<blockquote class="twitter-tweet" data-lang="id"><p lang="in" dir="ltr">&quot;Kalau ada hal-hal yang bisa dibahas bersama, kita bisa lakukan. Kita perlu bekerja sama dengan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan negara ini,&quot; kata Arifin<a href="https://twitter.com/hashtag/TerimakasihJonanArcandra?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#TerimakasihJonanArcandra</a> <a href="https://twitter.com/hashtag/SelamatBekerjaArifinTasrif?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#SelamatBekerjaArifinTasrif</a> <a href="https://t.co/B8NfmJ60o5">pic.twitter.com/B8NfmJ60o5</a></p>&mdash; #EnergiBerkeadilan (@KementerianESDM) <a href="https://twitter.com/KementerianESDM/status/1186939012734304256?ref_src=twsrc%5Etfw">23 Oktober 2019</a></blockquote>

<script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Senada, mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar belum banyak bicara akan ke mana usai melepas jabatannya. Ia hanya mengatakan, setelah ini akan istirahat dulu.

“Kalau ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Tentu saya di sini pastinya ada kesalahan yang tak disengaja juga tolong diberi maaf,” kata dia.

Dia juga minta maaf selama jabatanya sering mengganggu pejabat di ESDM. Antara lain di saat hari libur harus tetap bekerja. 

“Begitu juga saat weekend juga masih kami ganggu. Saya minta maaf. Rekan-rekan wartawan kami minta maaf. Kepada menteri baru selamat pak semoga ESDM akan jauh lebih maju,” ujar dia.

Arifin di akhir kesempatan mengaku siap untuk menyelesaikan pekerjaan di sektor Migas yang belum diselesaikan Jonan dan Archandra. Sebisa mungkin dia langsung akan bersinergi dengan pejabat di ESDM.

“Saya dikasih oleh-oleh dari Pak Jonan. Saya akan lakukan pembahasan. Saya terbuka atas masukan-masukan,” kata dia.

 

Rekomendasi