Puan Bilang Peluang Gibran Maju Pilwalkot Solo Sangat Terbuka

| 28 Oct 2019 14:19
Puan Bilang Peluang Gibran Maju Pilwalkot Solo Sangat Terbuka
Ilustrasi (Ilham/era.id)
Jakarta, era.id - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan peluang bagi Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai calon Wali Kota Solo masih terbuka lebar. Meski DPC PDIP Solo saat ini telah memiliki calonnya sendiri dan telah diajukan kepada DPP.

Puan berujar, kesempatan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu masih sama dengan calon-calon lain yang juga telah ikut mendaftar. Mekanisme pendaftaran untuk maju sebagai wali kota, kata Puan, dapat melalui DPC, DPD, dan DPP.

"Jadi, mendaftar di DPC, DPD, kemudian kalau pun di DPD itu sudah tutup kemudian yang bersangkutan itu bisa mencalonkan melalui DPP partai. Jadi jenjang itu sebenarnya masih bisa dilakukan dan mekanisme itu bisa saja dilakukan," katanya di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Apalagi, kata Puan, sejauh ini belum ada keputusan resmi soal siapa yang diajukan oleh PDIP untuk posisi calon Wali Kota Solo. Ia mengatakan, setiap pendaftar, termasuk Gibran nantinya bakal mengikuti proses uji kepatutan dan kelayakan sebelum akhirnya diputuskan maju atau tidaknya pada Pilkada Solo 2020.

"Jadi memang selama belum ada keputusan, kita membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa saja yang berminat untuk maju pilkada. Atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kota Solo FX Hadi Rudyatmo angkat bicara terkait pertemuan antara Gibran dan Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri pada Kamis (24/10).

Di mata Rudy, pertemuan tersebut hanya pertemuan biasa antara kader dan ketua umumnya. Dan sejatinya tak pernah ada larangan bagi kader untuk bertemu dengan ketua umumnya.

Baca Juga : Tak Perlu Dinanti, Politik Dinasti

Namun, saat disinggung mengenai keterkaitan dengan rekomendasi sebagai bakal calon Wali Kota Solo, Rudy menyampaikan, bahwa DPC sudah mempunyai pilihan yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa.

Pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo itu menambahkan, siapa pun nanti yang akhirnya berhak mendapatkan rekomendasi dari DPP, pihaknya juga akan punya keputusan sendiri. Namun, dia tidak menjelaskan seperti apa keputusan tersebut.

Sebelumnya, Gibran bertemu dengan orang nomor satu di PDIP di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu, Gibran pun menyampaikan keseriusannya maju dalam Pilwalkot Solo 2020 mendatang.

Tags :
Rekomendasi