Mahasiswa Asal Medan Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes

Tim Editor

Bom Bunuh Diri (Ist)

Jakarta, era.id - Polisi berhasil mengetahui identitas pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan. Sosok yang mati sia-sia itu seorang mahasiswa berusia 24 tahun, bernama Rabbial Muslim Nasution.

"RMN beralamat di Kelurahan Sei Putih Barat, Medan Petisah, Kota Medan," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Identitas pelaku tersebut diketahui dari hasil investigasi Tim Inafis Polri bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kemudian hasil tersebut dikuatkan dengan hasil identifikasi DNA pelaku yang dicocokkan dengan DNA kedua orang tua pelaku.

Hasil penyelidikan sementara, diketahui Rabbial Muslim Nasution merupakan pelaku teror perorangan atau lonewolf.

"Pengembangan (kasus) masih dilakukan oleh tim di lapangan," sambungnya.

Bom yang membunuh dia sendiri dillitkan Rabbial di pinggangnya. Sejumlah barang bukti yang ditemukan tim Densus 88 di lokasi kejadian, di antaranya baterai 9 volt, pelat besi, paku berbagai ukuran, potongan kabel dan tombol switch on off.

Ledakan di Polrestabes Medan terjadi sekitar pukul 08.45 WIB. Polisi mengaku sudah sempat menggeledah pelaku saat mau masuk ke Polrestabes karena gerak-geriknya yang memang mencurigakan.

Tahap pertama penggeledahan, polisi tidak menemukan apa-apa. Dalam informasi yang dikumpulkan, pelaku menenteng tas ransel. Dugaan kuat, polisi cuma memeriksa isi tas yang diketahui berisi buku.


Setelah di dalam, pelaku sempat juga berbaur dengan warga lain yang mau mengurus SKCK. Polisi yang lain kemudian meminta kembali pelaku untuk membuka jaketnya. Tidak berapa lama, ledakan kemudian terjadi.

Tag: ledakan di polrestabes medan

Bagikan: