Fraksi PKS Dorong Pemerintah Segera Rehabilitasi Pascagempa Maluku

| 19 Nov 2019 20:19
Fraksi PKS Dorong Pemerintah Segera Rehabilitasi Pascagempa Maluku
Kunjungan Fraksi PKS (Dok. PKS)
Jakarta, era.id - Fraksi PKS di DPR RI meminta pemerintah pusat dan daerah merespon cepat dan tepat dalam melakukan tanggap darurat, menolong masyarakat terdampak serta dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa. 

"Kami ingin pastikan agar logistik kebutuhan dasar para korban khususnya yang tinggal di tempat-tempat pengungsian terpenuhi. Untuk itu pemerintah harus memiliki data akurat dan respon yang cepat dan tepat dalam mengkoordinir dan mendistribusikan bantuan," ungkap Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini, dalam keterangan tertulis, Selasa (19/11/2019). 

Termasuk agar fasilitas publik bisa cepat dibangun kembali. "Tahap berikutnya baru rehabilitasi lingkungan dan rekonstruksi berbagai fasilitas publik termasuk rumah sakit, sekolah, pasar, jalan-jalan dan seterusnya," sambungnya.

Fraksi PKS DPR juga menyerahkan sejumlah dana dan bantuan yang merupakan gaji anggota DPR pertama di periode baru ini untuk membantu para korban dan proses rehabilitasi. 

Sebelumnya bantuan, baik dana, logistik, maupun tenaga (relawan) juga telah dihimpun dari kader-kader PKS dari Maluku maupun luar daerah Maluku. Anggota Komisi I DPR ini mengajak kepada semua elemen bangsa untuk membantu saudara-saudara sebangsa yang tertimpa musibah di berbgai tempat khususnya di Maluku. 

"Gotong royong, kesetiakawanan, dan kerelawanan adalah budaya bangsa kita. Mari tumbuhkan kesadaran saling membantu saudara sebangsa yang terkena musibah. Dari sana muncul banyak keberkahan, diantaranya semakin kuatnya persatuan dan kesatuan diantara kita," ungkapnya.

Kunjungan Fraksi PKS DPR ini juga didampingi langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku atas perintah Gubernur. Terakhir, rombongan Fraksi PKS juga diterima Gubernur Maluku di rumahnya.

Lokasi yang dikunjungi yaitu tempat pengungsian Puncak Bumbun Neg. Liang Kabupaten Maluku Tengah, sekolah swasta dan negeri darurat, rumah sakit darurat serta gereja yang digunakan menampung pengungsi.

Tags : pks
Rekomendasi