Duh 8,32 Ton Sampah Ngotorin Teluk Jakarta Tiap Hari

| 12 Dec 2019 10:11
<i>Duh</i> 8,32 Ton Sampah <i>Ngotorin</i> Teluk Jakarta Tiap Hari
Ilustrasi (Pixabay/Cifer88)

Jakarta, era.id - Peneliti di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan 8,32 ton sampah masuk Teluk Jakarta setiap hari.

Hasil riset monitoring oleh Muhammad Reza Cordova dan Intan Suci Nurhati dari Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam jurnal Scientific Reports berjudul “Major Sources and Monthly Variations in the Release of Land-derived marine debris from the Greater Jakarta Area, Indonesia”. Riset merupakan studi monitoring bulanan sampah pertama di Indonesia yang mengidentifikasi enam tipe sampah dan 19 kategori sampah plastik dari sembilan muara sungai di Jakarta, Tangerang dan Bekasi selama bulan Juni 2015 sampai 2016. 

“Sekitar 59 persen dari sampah yang mengalir di sembilan muara sungai tersebut merupakan sampah plastik yang didominasi styrofoam,” kata Reza di Jakarta pada Rabu (11/12).

Ia menjelaskan, hasil monitoring mengestimasi aliran sampah sebesar 8.32 ton per hari dari kawasan Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. 

“Angka tersebut 8-16 kali lebih rendah dibandingkan dengan estimasi dari studi-studi berbasis model,” ujarnya. 

Fakta ini menekankan pentingnya data monitoring di lapangan untuk menvalidasi kontribusi sampah plastik dari Indonesia.

Selama  periode penelitian, hasil monitoring menunjukkan kontribusi sampah laut dari Jakarta lebih rendah dibandingkan dengan kawasan sekitarnya, sungai Tangerang menyumbang sampah plastik tertinggi dari segi jumlah, sementara sungai Bekasi menyumbang sampah plastik tertinggi dari segi berat. 

“Hasil ini memperlihatkan sejauh mana efektifitas dari program lokal seperti bersih sungai, khususnya pemasangan jaring sampah dan pasukan kebersihan,” terang Reza.

Intan Suci Nurhati menjelaskan, memasuki musim hujan hasil riset monitoring menunjukkan banyaknya jumlah sampah yang terbawa ke Teluk Jakarta berhubungan dengan tingkat curah hujan. 

“Aliran sampah paling tinggi berada pada puncak musim hujan, yaitu pada bulan Februari 2016 dengan angka curah hujan paling tinggi sepanjang tahun,“ ujar Intan.

Ia mengingatkan pentingnya meningkatkan aksi bersih sungai serta meminimalkan sampah masuk ke sungai pada Desember hingga Februari saat curah hujan tinggi. 

“Kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam serta program bersih sungai oleh pemerintah daerah yang konsisten menjadi kunci untuk mengurangi sampah plastik ke laut,” tutupnya.

Tags : sampah
Rekomendasi