Asa Trump Ada di Para Senator

Tim Editor

Donald Trump (NYTimes)

Jakarta, era.id - Gedung Putih yakin bahwa Senat Amerika akan membuktikan Presiden Donald Trump tidak bersalah dalam persidangan setelah House of Representative (DPR) menyepakati pemakzulan Trump atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan mengalangi Kongres. 

"Hari ini menandai kulminasi di DPR dari salah satu episode politik paling memalukan dalam sejarah bangsa kami. Tanpa mendapat suara tunggal (partai) Republik, dan tanpa menghadirkan bukti kesalahan, Demokrat mendorong pasal tidak sah soal pemakzulan terhadap presiden melalui DPR," kata juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham melalui pernyataan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/12/2019).

Stephanie yakin jika Presiden Trump akan melanjutkan masa jabatannya hingga selesai karena didukung oleh Senat.

"Presiden yakin Senat akan mengembalikan ketertiban, keadilan, serta proses yang wajar, yang semuanya diabaikan begitu saja dalam proses di DPR. Trump siap dengan langkah selanjutnya dan yakin bahwa ia sepenuhnya tak bersalah," katanya.

Setelah sidang pemakzulan di tingkat House of Representative, selanjutnya proses pemakzulan akan berlangsung di tingkat Senat. Untuk bisa memakzulkan Trump secara penuh, dibutuhkan sedikitnya dua pertiga suara dukungan di Senat AS yang dikuasi partai pengusung Trump yakni Partai Republik.

Senat Amerika diisi mayoritas senator dari Partai Republik yakni 53 kursi, disusul Partai Demokrat dengan 45 kursi dan senator independen 2 kursi.

Tag: donald trump

Bagikan: