44 Persen Warga Amerika Setuju Trump Dipecat

| 20 Dec 2019 10:11
44 Persen Warga Amerika Setuju Trump Dipecat
Donald Trump (Reuters)

Jakarta, era.id - Warga Amerika Serikat terbelah menyikapi pemakzulan Presiden Donald Trump oleh House of Representative (DPR). Survei yang dilakukan Reuters menyebutkan ada 44 persen responden yang setuju Trump dimakzulkan.

Secara keseluruhan dari survei Reuters yang dilakukan Kamis kemarin, tercatat hanya 44 persen masyarakat Amerika yang mengatakan mereka setuju dengan cara DPR menjalankan proses pemakzulan terhadap Trump sementara 41 persen lainnya menyatakan tidak setuju.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos diadakan secara daring di seluruh wilayah Amerika Serikat antara 18-19 Desember kepada 1.108 responden dengan margin of error 3 persen.

Jajak pendapat daring secara nasional itu yang diselenggarakan beberapa jam setelah DPR pada Rabu menetapkan bahwa Trump telah menyelewengkan jabatannya serta menghalangi Kongres.

Ketika ditanya soal dakwaan dalam pemakzulan, 53 persen responden setuju Trump sudah menyelewengkan kekuasaannya dan 51 persen setuju bahwa dia menghalangi keputusan Kongres.

Sebanyak 42 persen responden, yang sebagian besar di antaranya adalah pengikut Demokrat, mengatakan Kongres harus menjatuhkan sanksi akhir dan mencopot jabatan presiden yang dipegang Trump. Senat adalah lembaga yang punya kewenangan untuk memecat Trump.

Trump sendiri telah mengecam sidang pemakzulan terhadapnya itu dengan menyebutnya sebagai tindakan yang mengada-ada dan usaha ilegal untuk mendepaknya dari kursi kepresidenan.

Tags : donald trump
Rekomendasi