Sinyal Tersambar Petir Perjalanan Kereta Api Tersendat

| 28 Dec 2019 13:01
Sinyal Tersambar Petir Perjalanan Kereta Api Tersendat
Kereta Api (Dok. KAI)
Jakarta, era,id - Perjalanan kereta api jarak jauh dari dan ke Jakarta mengalami keterlambatan malam tadi. Sebanyak 30 rangkaian kereta jarak jauh mengalami antrean pada Jumat (26/12) sore hingga Sabtu pagi akibat perangkat persinyalan tersambar petir.

"Gangguan perjalanan terjadi lantaran perangkat persinyalan yang terimbas petir pada Jumat (26/12) pukul 15.52 WIB sehingga pelayanan persinyalan tidak dapat beroperasi dengan sempurna," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, lewat keterangan tertulis, Sabtu (28/12/2019).

Meski perangkat persinyalan kereta telah kembali normal pukul 09.45 WIB hari ini, namun hingga Sabtu siang proses penguraian antrean kereta di lintasan terus dilakukan.

"Sampai pukul 09.00 WIB tadi, terdapat sekitar 30 kereta mengalami antrean perjalanan dan mengalami kelambatan pemberangkatan dari Stasiun pemberangkatan Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota," katanya.

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada para pengguna jasa kereta api atas gangguan perjalanan jarak jauh di lintas Karawang-Klari.

Sebelumnya sejumlah KA yang melintas sempat mengalami antrian perjalanan melalui persinyalan yang dilayani secara manual. Kondisi tersebut juga berdampak pada kelambatan keberangkatan dan kedatangan KA di wilayah Daop 1 Jakarta.

PT KAI Daop 1 Jakarta juga memperkenankan para pengguna jasa yang terdampak gangguan diatas 60 menit untuk dapat melakukan pembatalan perjalanan dengan pengembalian bea 100 persen sesuai harga tiket.

Rekomendasi