3 Kriteria Rumah Rawan Tersambar Petir dan Cara Menghindarinya

| 07 Dec 2023 23:01
3 Kriteria Rumah Rawan Tersambar Petir dan Cara Menghindarinya
Ilustrasi rumah rawan tersambar petir (Freepik)

ERA.id - Sambaran petir merupakan fenomena alam yang perlu diwaspadai saat musim hujan. Hujan deras dengan intensitas tinggi sering diikuti dengan munculnya petir. Meski jarang terjadi, dalam beberapa kasus ada sambaran petir yang sampai mengenai rumah warga. Untuk menghindari hal ini, Anda perlu tahu kriteria rumah rawan tersambar petir. 

Sambaran petir muncul karena adanya penumpukan dan pelepasan energi yang dihasilkan oleh atmosfer bumi. Kondisi alam tersebut kemudian menciptakan gelombang mengejutkan di awan yang bisa menghujam ke tanah. Sambaran petir ini bisa mengakibatkan risiko berbahaya yang mengancam nyawa dan harta benda. 

Petir yang menyambar rumah memang umumnya tidak berdampak bagi penghuni di dalamnya. Namun rumah yang terkena sambaran petir bisa menimbulkan dampak yang berbahaya, terlebih jika sampai menyebabkan konsleting listrik. Lantas apa kriteria rumah rawan tersambar petir yang perlu Anda tahu?

rumah rawan tersambar petir (Freepik)

Kriteria Rumah Rawan Tersambar Petir

Dalam bulan Oktober hingga Januari, Indonesia memasuki musim hujan yang bisa terjadi setiap hari. Di tengah cuaca hujan ini, rumah bisa berpotensi tersambar petir. Untuk menghindari risiko berbahaya dan agar tetap aman, ketahui kriteria rumah rawan tersambar petir berikut ini:

Rumah Terpisah dari Pemukiman

Salah satu kriteria rumah yang rawan terkena sambaran petir adalah rumah yang terpisah dari pemukiman. Rumah yang berjarak jauh dari rumah lain atau berada di tempat cukup terpencil lebih berpotensi terkena petir. 

Kondisi rumah yang berada di pemukiman rapat lebih terhindari dari sambaran petir karena bangunannya lebih terlindungi. Bangunan rumah yang rapat dengan rumah lainnya bisa saling melindungi dari ancaman sambaran petir. 

Bangunan Rumah yang Tinggi

Rumah yang memiliki bangunan tinggi juga lebih rentan terkena sambaran petir. Walaupun berada di pemukiman padat atau dihimpit rumah lain, bangunan yang lebih tinggi akan lebih berpotensi terkena petir. 

Rumah yang Berada di Tempat Tinggi dan Terbuka

Sambaran petir juga rawan menyambar rumah yang berada di tempat tinggi atau terbuka. Misalnya rumah yang berada di atas bukit dan rumah yang dibangun di tengah lahan kosong atau persawahan. 

Sifat petir adalah menyambar atau mengenai objek yang lebih menonjol, baik itu dalam bentuk rumah, struktur, maupun orang. Seperti kriteria rumah yang bangunannya lebih tinggi, rumah yang berada di ketinggian dan tempat terbuka juga rawan terkena sambaran karena menjadi objek yang menonjol. 

Tips Menghindari Sambaran Petir saat Berada di Rumah

Meski sangat jarang kasus orang tersambar petir saat berada di rumah, potensi terkena sambaran tetap perlu diwaspadai. Petir juga bisa menyambar sampai ke dalam ruangan dalam kondisi-kondisi tertentu yang memungkinkannya. 

Untuk menjaga keamanan dan risiko bahaya saat musim hujan, Anda bisa menerapkan tips menghindari sambaran petir saat di dalam rumah.

Jauhi Air

Saat cuaca hujan disertai petir, Anda disarankan untuk menjauhi air. Hindari melakukan kontak dengan air untuk sementara waktu. Petir bisa merambat ke saluran pipa hingga mencapai air, sehingga sangat mengancam orang-orang yang bersentuhan dengan air. Petir lebih berisiko menyambar jika rumah menggunakan pipa berbahan logam. 

Menghentikan Pemakaian Elektronik untuk Sementara

Petir juga dapat menyalur ke sistem listrik, kabel, dan antena televisi. Perangkat elektronik yang dinyalakan saat kondisi cuaca hujan berpotensi mengalami konsleting karena sambaran petir. Maka dari itu, sebaiknya hindari pemakaian perangkat elektronik untuk sementara waktu seperti penggunaan laptop, mesin cuci, televisi, dan lainnya. 

Jangan Berada di Beranda dan Dekat Jendela atau Pintu

Saat badai hujan disertai petir, hindari berada di teras atau dekat pintu dan jendela. Petir mungkin saja bisa mencapai ke dalam rumah melalui ruang terbuka. Hindari juga bersandar dinding atau lantai dari material beton karena petir bisa merambat melalui kabel atau batang logam. 

Demikianlah ulasan mengenai kriteria rumah rawan tersambar petir yang perlu Anda tahu. Hindari membangun atau membeli rumah dalam kondisi-kondisi di atas untuk menghindari ancaman terkena sambaran petir. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi