Konflik Natuna: TNI Siaga Tempur, Prabowo Santuy

| 04 Jan 2020 09:08
Konflik Natuna: TNI Siaga Tempur, Prabowo <i>Santuy</i>
KRI Tjiptadi-381 (Dok. Koarmabar 1)
Jakarta, era.id 

Kapal-kapal China telah melanggar wilayah zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna. Pemerintah pun bersiaga.

"Kami baru saja melakukan rapat koordinasi untuk menyatukan dan untuk memperkuat posisi Indonesia dalam menyikapi situasi di perairan Natuna. Dalam rapat tersebut kita menekankan kembali, pertama telah terjadi pelanggaran oleh kapal-kapal China, di wilayah ZEE Indonesia," kata Menlu Retno Marsudi di Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (3/1).

Menurut Retno wilayah ZEE Indonesia sudah ditetapkan oleh hukum internasional yaitu melalui dasar Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS).

China mengklaim sebagian wilayah Natuna masih berada dalam wilayahnya.

Pada tanggal 30 Desember 2019 KRI Tjiptadi-381 saat melaksanakan patroli sektor di perbatasan ZEEI Laut Natuna Utara tepatnya pada posisi 05 06 20 U 109 15 80 T mendeteksi 1 kontak kapal di radar pada posisi 05 14 14 U 109 22 44 T jarak 11.5 NM menuju selatan dengan kecepatan 3 knots, dan setelah didekati pada jarak 1 NM kontak tersebut adalah CHINA COAST GUARD nomor lambung 4301 (CCG 4301) yang sedang mengawal beberapa kapal ikan China melakukan aktivitas perikanan.

TNI langsung mengerahkan alutsista ke kawasan Laut China Selatan. Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono melaksanakan pengendalian operasi siaga tempur terkait dengan adanya pelanggaraan di wilayah perairan laut Natuna Utara oleh China.

Sebelum bertolak dari Lanud Halim PK menuju Natuna, Pangkogabwilhan I menyampaikan bahwa operasi siaga tempur ini dilaksanakan oleh Koarmada1 dan Koopsau 1 dengan Alutsista yang sudah tergelar yaitu 3 (tiga) KRI dan 1 (satu) Pesawat intai maritim dan 1 (satu) pesawat Boeing TNI AU. Sedangkan dua KRI masih dalam perjalanan dari Jakarta menuju Natuna, Jumat (3/1).

Operasi ini digelar untuk melaksanakan pengendalian wilayah laut khususnya di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) laut Natuna Utara," ujarnya.

Menurut Yudo Margono sekarang ini wilayah Natuna Utara menjadi perhatian bersama, sehingga operasi siaga tempur diarahkan ke Natuna Utara mulai tahun 2020. 

"Operasi ini merupakan salah satu dari 18 operasi yang akan dilaksanakan Kogabwilhan I di wilayah yang menjadi tanggung jawab kami," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan China merupakan salah satu sahabat Indonesia sehingga masalah Natuna harus diselesaikan secara damai.

"Kita selesaikan dengan baik ya, bagaimanapun China negara sahabat," kata Prabowo di kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (3/1).

Menurutnya penyelesaian konflik bilateral harus tenang, dan santai terlebih China merupakan salah satu investor terbesar.

"Kita cool (tenang) saja. Kita santai kok ya," kata Prabowo.

Tags : natuna
Rekomendasi