Golkar Lolos Verifikasi Faktual

| 29 Jan 2018 15:23
 Golkar Lolos Verifikasi Faktual
Komisi Pemilihan Umum menyatakan Golkar lolos verifikasi faktual. (Bagas/era.id)
Jakarta, era.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan Partai Golkar lolos verifikasi faktual. Verifikasi itu pertama kali di bawah kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Rangkaian verifikasi dibuka dengan dua sambutan, masing-masing secara bergantian, Airlangga kemudian Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Proses selanjutnya penyerahan KTP dan KTA dari Ketum Golkar kepada Arief. 

Setelah itu barulah Komisioner KPU Ilham Saputra memulai tahapan verifikasi. Pertama, Ilham mengecek syarat yang pertama dan kedua, seperti data kepengurusan inti serta kesesuaian domisili kantor DPP Partai Golkar.

"Ketua Umum Partai Ir. Airlangga Hartarto, Sekretaris Jenderal Lodewijk Freidrich Paulus, Bendahara Umum Robert Y Kardinal. Untuk syarat pertama dinyatakan memenuhi syarat," ucap Ilham di DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (29/1/2018).

Ilham kemudian memverifikasi dengan mengecek dan mencocokan data domisili kantor golkar, apakah sesuai yang berlaku pada tahapan pemilu terakhir.

"Partai Golkar telah menempati kantor yang dipergunakan untuk penyelenggaraan aktifitas atau kegiatan pengurus dan anggota partai politik secara rutin dalam menjalankan organisasi partai politik dengan status hak milik dan dipergunakan sampai tahapan pemilu berakhir, yaitu sampai pelaksanaan pengambilan sumpah janji anggota DPR, DPD, dan DPRD. Untuk domisili dinyatakan memenuhi syarat," tutur Ilham.

Selanjutnya Ilham melakukan rangkaian verifikasi terakhir, yakni mengecek keterwakilan kepengurusan perempuan dalam partai sebanyak 30 persen. Ilham pun mencocokan data dengan memanggil satu persatu kepengurusan perempuan. 

Kemudian Ilham dan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan menyatakan Partai Golkar lolos dan memenuhi syarat verifikasi faktual tingkat pusat. Pernyataan KPU disambut sorai-sorai pengurus Partai Golkar yang hadir.

"Berdasarkan data absensi KTP pengurus perempuan yang hadir sejumlah 80 dari 82 orang, namun 30 persennya 79 orang. Maka dengan itu Partai Golkar untuk syarat keterwakilan perempuan dinyatakan memenuhi syarat," kata ilham.

Dari hasil ini, Partai Golkar belum sepenuhnya dinyatakan lolos karena masih ada dua rangkaian verifikasi lagi yang akan dilakukan KPU. Dua rangkaian itu yakni proses verifikasi tingkat kota dan kabupaten.

Tags : kpu
Rekomendasi