Kebakaran Hutan Berujung Banjir Bandang di Ijen

| 29 Jan 2020 18:33
Kebakaran Hutan Berujung Banjir Bandang di Ijen
Banjir Ijen (Dok. BNPB)
Jakarta, era.id - Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah pegunungan Ijen hingga memicu banjir bandang pada Rabu (29/1/2020). BPBD setempat menyebut, kebakaran hutan dan lahan (karthutla) 2019 lalu di wilayah hulu atau pegunungan Ijen menjadi faktor penyebab kejadian banjir bandang tersebut. 

Banjir ini melanda Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur sekitar pukul 13.00 WIB. BPBD mencatat sebanyak 200 keluarga terdampak banjir dan mereka mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat terdekat. Ketinggian air genangan yang bercampur lumpur setinggi lutut orang dewasa.

"Pascakejadian Tim Reaksi Cepat BPBD Bondowoso melakukan kaji cepat, evakuasi korban dan berkoordinasi dengan instansi terkait," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo, Rabu (29/1/2020).

Akibat kejadian ini, dua orang luka ringan dan satu orang yang merupakan lansia di rawat di Puskesmas.

"BPBD Kabupaten Bondowoso bersama TNI Polri, Relawan, Masyarakat, dan instansi terkait lainnya melakukan gotong royong membersihkan sisa meterial lumpur banjir," sambung Agus. 

Sehubungan dengan prakiraan cuaca, BMKG memonitor wilayah Jawa Timur pada status "Waspada". Prakiraan yang berlaku pada 29 Januari 2020, pukul 07.00 WIB hingga 30 Januari 2020, pukul 07.00 WIB, hujan lebat berpotensi terjadi di provinsi ini. Masyarakat diminta waspada. 

Tags : banjir
Rekomendasi