Jawa Barat Siaga Satu Virus Korona

| 30 Jan 2020 09:12
Jawa Barat Siaga Satu Virus Korona
Presiden Jokowi dan Ridwan Kamil (Iman Hediana/era.id)
Bandung, era.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan Provinsi Jawa Barat sudah siaga satu dalam mengantisipasi tersebarnya virus korona baru.

"Kami, Jawa Barat, sudah di-Siaga Satu-kan, minimal dengan pistol testing suhu. Kemudian semua Puskesmas dan rumah sakit sudah Siaga Satu," ujar Ridwan Kamil, Rabu (29/1).

Pria yang karib disapa Emil itu mengajak masyarakat lebih proaktif untuk menghubungi petugas kesehatan jika dirinya atau orang lain mengalami gangguan kesehatan atau menemukan gejala mirip virus korona seperti demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, hingga sesak napas.

"Segera, lebih proaktif melaporkan jika ada gejala batuk dan demam. Walaupun itu sifatnya suspect, tapi tetap harus waspada. Koordinasi antarinstansi dan pintu masuk kami Siaga Satu-kan," katanya.

Dia memastikan bahwa setiap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di 27 kabupaten/kota se-Jabar bisa dan layak menjadi rujukan bila ditemukan pasien dengan gejala virus korona.

"Setiap RSUD utama jadi rujukan di tiap kota/kabupaten, tapi utamanya di RSHS (RSUP Hasan Sadikin Bandung). Sampai saat ini, tidak ada temuan (positif virus korona). Pokoknya waspada, apalagi (untuk) pergerakan ke luar negeri saat ini," ucap mantan Wali Kota Bandung ini.

Tags : korona
Rekomendasi