China Izinkan Pesawat Carteran Evakuasi Warga Asing dari Wuhan

| 30 Jan 2020 14:05
China Izinkan Pesawat Carteran Evakuasi Warga Asing dari Wuhan
Pesawat di China (news.cn)
Jakarta, era.id - Otoritas penerbangan China mengizinkan beberapa penerbangan internasional untuk melakukan evakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, untuk menghindari wabah virus korona.

Meski kota berpenduduk 11 juta jiwa itu sedang diisolasi akibat wabah virus yang telah merenggut 170 korban meninggal, pemerintah China mengizinkan pesawat carteran untuk mendarat di Bandara Tianhe, Wuhan.

Saat ini, ribuan turis asing terjebak di Wuhan karena pemerintah China menutup akses transportasi dari dan ke Wuhan. Namun, Pemerintah China telah mengizinkan penerbangan secara terbatas ke Wuhan tapi dengan catatan. Calon penumpang harus diperiksa kesehatannya dan penumpang yang menujukkan gejala terkena virus korona dilarang terbang. 

Seperti dikutip dari Chinadaily, Kamis (30/1/2020), 7.711 orang telah terinfeksi virus korona dan 170 di antaranya meninggal dunia.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu RI) mengatakan pemerintah terus mematangkan opsi mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, yang masih terisolasi terkait wabah virus korona.

"Pemerintah terus mematangkan opsi mengeluarkan WNI kita dari sana seraya memastikan kesiapan tim yang nantinya akan bertugas," kata Plt Jubir Kemlu, Teuku Faizasyah, kepada wartawan, Rabu (29/1).

Tags : korona
Rekomendasi