TNI Kirim Satgas Garuda Bantu Penanganan Karhutla di Australia

| 01 Feb 2020 14:36
TNI Kirim Satgas Garuda Bantu Penanganan Karhutla di Australia
Satgas Karhutla (Dok. BNPB)
Jakarta, era.id - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) TNI untuk mendukung penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Australia pada Sabu (1/2/2020). Satgas Garuda RI berjumlah 41 orang yang terdiri dari personel TNI, BNPB, dan Kementerian Luar Negeri.

Dukungan Indonesia untuk penanganan karhutla difokuskan pada wilayah New South Wales (NSW). 

"Operasi yang akan dilaksanakan Satgas ini yaitu membuka dan membersihkan akses menuju pemukiman warga dan jalur-jalur lain. Kawasan operasi berada dalam radius yang aman, berkisar 5 – 10 km di Distrik Eden, NSW. Satgas Garuda akan membantu Rural Fire Service pada lapis kedua," ujar Panglima.

Kawasan terdampak yang akan dilalui berupa perbukitan dengan fasilitas jalan beraspal. Temperatur satu bulan terakhir antara 9 – 31 derajat celcius. Dilihat dari jarak tempuh, kawasan Eden berjarak 49 km dari Sydney sehingga untuk pilihan pergeseran pasukan dari Richmond akan menggunakan transportasi darat atau pun udara. 

Para anggota Satgas yang diangkut dengan pesawat C-130 Hercules memiliki beragam kualifikasi seperti konstruksi dan medis. Mereka yang menuju Australia dibekali beberapa peralatan untuk mendukung operasi maupun keselamatan dan kesehatan personel. 

Pada saat pelepasan, Atase Militer Kedutaan Besar Austrlia dan Kepala Pusdalops BNPB turut hadir di Base Ops Lapangan Udara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur. 

Tags : australia
Rekomendasi