Tanpa PDIP, Gibran Juga Jadi Rebutan

Tim Editor

Fit and Proper Test PDIP (Gabriella Thesa/era.id)

Jakarta, era.id - Hasil Fit and proper test atau uji kelayakan bakal calon wali kota Solo yang digelar PDIP beberapa waktu lalu sudah selesai. Namun, masih belum diketahui siapa di antara Achmad Purnomo-Teguh Prakoso dan Gibran Rakabuming Raka yang akan diusung oleh DPP partai berlambang banteng tersebut.

Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto mengaku DPP belum melakukan rapat lagi meskipun sudah ada hasilnya.

"Materi wawancara fit and propet test kemarin sudah disusun, tetapi belum dilakukan rapat," ujar Bambang saat dihubungi, Kamis (13/2/2020).

Bambang mengatakan hasil fit and proper test yang sudah disusun, nantinya akan dibawa ke rapat pleno yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Seharusnya, kata Bambang, rapat pleno untuk membahas hasil fit and propert test itu dilaksanakan pada hari Rabu kemarin. Namun karena Megawati harus menghadiri acara di Istana Negara, agenda itu harus diundur hingga Senin atau Rabu pekan depan.

Anggota Komisi VII DPR RI ini menambahkan, paling lambat partainya akan mengumumkan hasil rekomendasi bakal calon kepala daerah di seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 23 Maret 2020.

"Selambat-lambatnya tanggal 23 Maret pengumuman (rekomendasi) dari seluruh wilayah," kata Bambang.

Gibran Jadi Rebutan

Majunya putra sulung Presiden Joko Widodo di kontestasi Pilwalkot Solo seolah menjadi magnet bagi partai politik lainnya. Beberapa parpol siap menampung pengusaha kuliner ini jika tak dapat rekomendasi dari PDIP.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan sejak awal partainya sudah mendukung Gibran untuk maju di Pilwalkot Solo 2020. Menurutnya, keputusan itu belum berubah hingga saat ini.

Bahkan Doli menegaskan Golkar tetap akan mengarahkan dukungan kepada Gibran meski yang bersangkutan nantinya tidak mendapat rekomendasi dari PDIP.

"Saya kira mekanisme di PDIP berjalan sesuai dengan aturan internal mereka. Kami juga punya mekanisme sendiri, tapi sampai sekarang sikap kami konsisten tetap mengusung Gibran," kata Doli saat ditemui di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2).

Selain Golkar, partai lainnya yang juga melirik Gibran adalah Gerindra. Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku sudah mendapatkan arahan dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk mendukung Gibran.

"Ya, kalau soal dukung mendukung ya, kami juga sudah ada arahan untuk mendukung (dari Prabowo)," ujar Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat ditemui di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2).

Hal tersebut pun ditanggapi santai oleh PDIP. Bambang mengaku dukungan dari partai lain tak lantas dimaknai untuk mencaplok kadernya. Dia bahkan mempersilakan jika ada partai lain yang mendukung dan mengusung Gibran di Pilwakot Solo 2020. "Kalau Golkar mau mendukung dan mengusung monggo, Gerindra monggo," katanya.

Dia yakin Gibran akan tetap setia dengan PDIP apapun hasil yang keluar nantinya.

"Saya kira apa yang diucapkan setelah fit and proper test itu bahwa tidak mendapat rekomendasi dari PDIP pun Mas Gibran akan mendukung dan berjuang bersama PDIP," pungkasnya.




 

Tag: sekjen pdi perjuangan hasto kristiyanto

Bagikan: