Jawaban Wapres Soal Survei Kepuasan Kinerjanya

| 19 Feb 2020 21:03
Jawaban Wapres Soal Survei Kepuasan Kinerjanya
Wapres Ma’ruf Amin (Antara)
Jakarta, era.id - Wapres Ma’ruf Amin mengatakan kinerja presiden, wakil presiden dan menteri tidak cukup jika dinilai hanya dalam kurun waktu 100 hari pertama.

"(Survei) Itu berdasar, tapi belum tentu senyatanya seperti itu. Nyatanya kan nanti dinilai, nah tidak cukup hanya 100 hari," kata Ma’ruf Amin usai memberikan kuliah umum di Universitas Mataram, NTB, Rabu (19/2/2020).

Wapres menilai survei yang menunjukkan kepuasan publik terhadap kinerjanya itu hanya didasarkan pada kuantitas pemberitaan tentang dirinya di media massa. Padahal, lanjutnya, tidak semua tugasnya sebagai wapres muncul di pemberitaan.

"Itu kan soal polling, pendapat umum yang mendasarkan pada berita-berita yang diekspos, bukan pada kinerjanya. Tidak semua pekerjaan menteri dan wapres itu terekspos,” ucapnya.

Sebelumnya Juru Bicara Wapres Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, menanggapi survei tersebut dengan mengatakan bahwa Wapres masih melakukan koordinasi dengan jajaran terkait tugas-tugasnya sebagai pendamping Presiden Joko Widodo di semester pertama pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

Masduki menambahkan kinerja Ma'ruf Amin sebagai Wapres memang belum terpublikasi secara masif selama tiga bulan terakhir. Namun, Wapres terus melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian terkait.

"Dan Wapres tidak memerhatikan itu sebagai sesuatu yang penting, apakah itu diberitakan atau tidak diberitakan. Tetapi sebenarnya dalam tiga bulan ini, Wapres sudah melakukan langkah-langkah yang sangat penting," ujar Masduki.

Menurut rilis survei Indo Barometer, tingkat kepuasan publik terhadap Wapres Ma'ruf Amin mencapai 49,6 persen dan publik yang tidak puas sebesar 37,5 persen.

Indo Barometer membandingkan dengan hasil survei terhadap Jusuf Kalla, ketika menjabat sebagai wapres pada Maret 2015. Hasilnya, publik yang puas dengan kinerja JK sebagai wapres mencapai 53,3 persen, sementara 38,8 persen lainnya tidak puas.

 

Rekomendasi