Survei LSI: Prabowo dan Sandiaga Tercatat Sebagai Menteri dengan Kinerja Memuaskan

| 22 Feb 2021 17:50
Survei LSI: Prabowo dan Sandiaga Tercatat Sebagai Menteri dengan Kinerja Memuaskan
Sandiaga dan Prabowo (Dok. Instagram Prabowo)

ERA.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dinilai masyarakat memiliki kinerja yang memuaskan dibandingkan menteri lain di Kabinet Indonesia Maju. Temuan ini berdasarkan hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Berdasarkan hasil survei LSI, Prabowo sebanyak 13 persen responden merasa sangat puas dan 62 persen cukup puas dengan kinerjanya di pemerintahan. Sementara Sandiaga mendapatkan tingkat kepuasan 8 persen sangat puas dan 61 persen cukup puas.

"Soal tingkat kepuasan atau evaluasi umum terhadap kinerja menteri-menteri, yang tingkat kepuasannya paling tinggi terhadap Menteri Pertahanan Prabowo Subjinto disusul Menteri Pariwisata Sandiaga Uno," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei secara daring, Senin (22/2/2021).

Kemudian, posisi selanjutnya ditempati oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri BUMN Erick Thohir sampai Menko Polhukam Mahfud MD. Sementara, lima terbawah secara berurutan ditempati Meprin Agus Gumiwang, Menteri KP Wahyu Saki Trenggono, Menaker Ida Fauziah, Menko PMK Muhadjir Effendy, dan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Melihat hasil survei tersebut, Djayadi menilai tingkat kepuasan masyarakat ditentukan oleh populer atau tidak seorang menteri. Sebab, kata dia, menteri-menteri di posisi lima teratas juga memiliki tingkat dibicarakan di media atau tempat pembicaraan lain tinggi.

"Jadi kalau kita lihat di sini memamg tampaknya nama-nama yang jauh lebih dikenal masyarakat itu cenderung memperoleh tingkat kepuasan yang lebih tinggi dalan kinerjanya.

LSI menggelar survei digelar 25-31 Januari 2021. Responden dipilih 1200 orang dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error 2,9 persen kurang lebih pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka. 

Rekomendasi