Tak Bisa ke Indonesia, Mahasiswa Unpad Asal China Kuliah Online

| 20 Feb 2020 21:08
Tak Bisa ke Indonesia, Mahasiswa Unpad Asal China Kuliah <i>Online</i>
Ketua prodi Sastra Indonesia Unpad Dr. Lina Meilinawati, M.Hum (Iman Herdiana/era.id)
Bandung, era.id – Puluhan mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) asal China belum bisa kembali ke kuliah. Mereka tidak bisa kembali ke kampusnya menyusul pemberlakuan larangan masuk turis asal China ke Indonesia sebagai respons atas wabah COVID-19.

Mahasiswa yang berjumlah 23 orang itu mengikuti program Full Degree di program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Unpad selama 1 tahun, sejak September 2019 lalu. Saat libur perkuliahan akhir tahun kemarin, mereka pulang ke China dan tak bisa kembali lagi ke Bandung.

Maka untuk menghindari ketertinggalan kuliah mereka, Prodi Sastra Indonesia Unpad menyiasatinya dengan menggelar kuliah streaming secara daring (online) yang dimulai Selasa (18/2/2020). 

Ketua prodi Sastra Indonesia Unpad Dr. Lina Meilinawati, M.Hum., bilang kebijakan pelarangan masuk Indonesia bagi warga China berdampak pada terhambatnya mahasiswa asing asal China untuk kembali berkuliah ke Unpad. Seyogyanya mahasiswa sudah mulai menempuh studi semester genap di Unpad pada Senin (17/2/2020).

"Karena itu, prodi berinisiatif menggelar kuliah streaming yang dapat diikuti oleh mahasiswa di China. Seluruh mahasiswa asing Unpad yang berada di China pun bergabung mengikuti kuliah ini. Kuliah dibagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas prodi Bahasa dan Budaya Indonesia serta kelas prodi Mandarin,” terang Dr. Lina, Kamis (20/2/2020).

Total ada 72 mahasiswa asal China yang mengikuti program Full Degree di BIPA prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Unpad. Namun hanya 23 orang terjebak di China dan belum bisa kembali ke Indonesia.

Kuliah daring tersebut berisikan seluruh materi perkuliahan yang diikuti oleh mahasiswa. Total ada 10 mata kuliah yang diberikan pada 2 kelas tersebut. 

Lina bilang, kuliah ini mendapat respons yang baik dari mahasiswa. Mereka tetap dapat mendapatkan materi perkuliahan dari Unpad meskipun sedang berada di China. Program kuliah streaming ini akan terus dilakukan hingga kebijakan larangan tersebut berakhir.

Selain fasilitasi perkuliahan daring, mahasiswa juga akan mendapatkan materi berupa modul digital sehingga bisa dibaca di sana. "Mereka juga diperbolehkan mengumpulkan tugas melalui e-mail," kata Lina.

 

Tags : covid-19
Rekomendasi