Pasien COVID-19 Disebut Sehat, Bisa Main Ponsel

Tim Editor

    Menkes Terawan Agus Putranto (Diah Ayu/era.id)

    Jakarta, era.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto meninjau RSPI Sulianti Saroso, tempat dua warga yang positif terinfeksi COVID-19. Menurut Terawan, ibu dan anak yang terinfeksi virus SARS-COV-2 ini dalam keadaan baik dan bisa main ponsel.

    "Semua pasien dalam kondisi baik, enggak ada demam, enggak ada sesak, enggak ada apa. Main hape sendiri juga bisa. Menurut saya sehat," katanya di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020).

    Keduanya adalah warga Depok, Jawa Barat. Kini mereka menempati ruang isolasi khusus yang sudah disiapkan pemerintah. RSPI Sulianti Saroso, menurut Terawan sudah berpengalaman dalam menghadapi kasus penularan virus seperti Flu Burung, SARS hingga MERS.
      
    "Dia ada di ruang isolasi, terpisah sendiri gedungnya, di ruang isolasi RSPI, yang memang sudah memenuhi standar. Wong ini rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit infeksi," ucapnya.

    Mantan Direktur RSPAD Gatot Soebroto ini menjelaskan kronologi pasien pertama virus korona baru di Indonesia. Wanita 31 tahun itu adalah guru dansa yang sempat mengikuti acara dansa di salah satu klub di Jakarta pada hari Valentine lalu. Pesertanya berasal dari berbagai negara termasuk WN Jepang yang diduga adalah penular COVID-19.

    Dua hari setelahnya, wanita tersebut batuk-batuk hingga akhirnya dirawat di rumah sakit swasta di Depok dan dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso. Hari ini akhirnya ia dan ibunya yang tinggal serumah positif terinfeksi COVID-19 setelah uji lab.

    "Sehingga si pasien cewek ini bersama ibunya, dua-duanya dicek. Saat ini kondisinya baik, batuk sekali-sekali," ucapnya. 

    Tag: covid-19 di indonesia

    Bagikan :