Jangan Beri Stigma Negatif ke Warga eks COVID-19

| 12 Mar 2020 15:10
Jangan Beri Stigma Negatif ke Warga eks COVID-19
Konpers RSUP Persahabatan (Gabriella Thesa/era.id)
Jakarta, era.id - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menyatakan ada dua pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh. Keduanya kini siap pulang ke rumahnya masing-masing.

Dua pasien yang telah dinyatakan sembuh adalah pasien nomor 06 dan pasien nomor 14. Keduanya dinyatakan negatif virus korona berdasarkan hasil uji lab yang dilakukan secara berulang.

"Hari ini direncanakan dua pasien COVID-19 yang hasil swab-nya negatif akan dipulangkan. Pasien nomor 6 dan nomor 14," ujar Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Rita Rogayah saat konferensi pers, Kamis (12/3/2020).

Rita mengatakan, dua pasien tersebut sudah dinyatakan negatif setelah melalui tes laboratorium dari litbangkes. Saat ini keduanya sudah keluar dari ruang isolasi.

"Hasilnya dari yang tadinya positif saat ini menjadi negatif. Sehingga pasien ini sudah boleh dikeluarkan dari ruang isolasi," kata Rita.

Untuk diketahui, pasien dengan kode kasus 06 merupakan anak buah kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess yang sebelumnya juga telah diisolasi di KRI Soeharso. Sementara itu pasien dengan nomor kasus 14 merupakan pria berusia 50 tahun dengan kategori imported case.

Imbau Masyarakat Tak Beri Stigma Negatif

Sementara dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan mengimbau kepada masyarakat supaya bisa memberikan dukungan kepada dua pasien yang telah dinyatakah sembuh dari virus korona baru.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak memberikan stigma negatif kepada pasien eks COVID-19.

"Artinya jangan dikucilkan dan lain sebagainya, karena ini pasien sudah sembuh. Tolong juga kepada masyarakat memberi aura yang positif ya," ujar Erlina.

Erlina mengaku, pihak RSUP Persahabatan adalah pihak yang paling merasa bahagia sebab berhasil menyatakan adanya dua pasien COVID-19 yang berhasil sembuh. Oleh karena itu, sekali lagi Erlina meminta masyarakat juga ikut membagikan pesan positif di tengah mewabahnya virus korona di Indonesia.

"Semua itu terbayarkan dengan berita ada dua orang yang sembuh. Kami adalah orang yang paling gembira menyatakan bahwa dua orang ini sembuh," pungkasnya.

 

Rekomendasi