Pesawat Ambulans Jatuh di Manila, Delapan Orang Tewas

Tim Editor

Lionair Jatuh (asiaone)

Jakarta, era.id - Sebuah pesawat evakuasi medis meledak saat lepas landas di Manila, Filipina pada hari Minggu (29/3). Menewaskan seluruh penumpang dan awak yang berjumlah delapan orang, termasuk seorang warga negara Amerika dan seorang warga negara Kanada.

Pesawat carteran milik maskapai Lionair, yang akan menuju Haneda, Jepang, meledak di ujung landasan Bandara Ninoy Aquino International (NAIA).

Dalam sebuah rekaman video, menunjukkan gumpalan asap membumbung di langit dan kru pemadam kebakaran memadamkan api di badan pesawat dengan busa.

"Pesawat jenis twin-jet West Wind 24 diketahui membawa tiga personel medis, tiga awak pesawat serta satu orang pasien bersama rekannya, ujar senator yang juga Ketua Palang Merah Filipina (RRC) Richard Gordon seperti dikutip dari Straits Times, Senin (30/3/2020).

"Sayangnya, tidak ada penumpang yang selamat dari kecelakaan itu," kata Otoritas Bandara Internasional Manila (MIAA) dalam sebuah pernyataan.

Pesawat tersebut biasa digunakan sebagai ambulans udara yang dapat mengangkut hingga 10 orang penumpang dan awak.

Bukan Lion Air

Sementara itu, Lion Air membantah jika pesawat tersebut milik maskapai swasta nasional itu. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, tidak benar jika pesawat Lion Air jatuh.

"Lion Air Group tidak beroperasi di MNL (Manila)," ujarnya lewat pesan singkat, Senin (30/3/2020).

Tag: lion air jatuh

Bagikan: