Warga Korsel Bikin Petisi Tolak Hakim Oh Deok Shik Tangani Sidang Nth Room

| 01 Apr 2020 19:20
Warga Korsel Bikin Petisi Tolak Hakim Oh Deok Shik Tangani Sidang Nth Room
Pendiri chat group Telegram Nth Room. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Belum usai kasus skandal seks chat group Telegram yang melibatkan anak di bawah umur, Nth Room. Baru-baru ini muncul sebuah petisi untuk menolak hakim Oh Deok Shik turut serta terlibat dalam kasus Nth Room.

Lebih dari 260.000 jiwa telah menandatangani petisi penolakan hakim Oh Deok Shik. Aksi tersebut ditujukan langsung kepada Gedung Biru untuk menghapus nama Oh Deok Shik dari daftar hakim penanganan kasus Nth Room. Dalam hal ini, Pengadilan Distrik Pusat Seoul akan menjalankan persidangan khusus terkait kasus-kasus kekerasan seksual, eksploitasi perempuan hingga kasus anak di bawah umur.

Pada laman petisi berjudul "Saya menentang hakim Oh Deok Shik, yang bertanggung jawab atas Nth Room, dan saya mengajukan petisi untuk diskualifikasi," aksi nyata tersebut pun tengah diselidiki dan menjadi pertimbangan kuat.

Penolakan tegas atas terlibatnya hakim Oh ini bermula pada kasus tahun lalu. Di mana hakim Oh hanya menjatuhi hukuman 3 tahun masa percobaan dan satu tahun enam bulan penjara kepada mantan kekasih Goo Hara, Choi Jong Bum.

Choi Jong Bum sebelumnya telah dilaporkan kepada pihak kepolisian atas lima kasus kejahatan, di antaranya intimidasi, kekerasan fisik, penyerangan, perusakan properti, dan ancaman atas konten video yang direkam secara ilegal.

Sayangnya, hakim Oh tidak menjatuhi hukuman terkait laporan rekaman video secara ilegal. Padahal, rekaman video tersebut berisikan video seksual keduanya yang direkam tanpa sepengetahuan Goo Hara.

Atas kejadian ini, warga Korea Selatan melarang keras hakim Oh untuk terlibat kasua Nth Room. Sebelumnya, hakim Oh yang telah bertindak sebagai penanggung jawab telah menetapkan jadawl sidang kepada Lee Mo-gun, salah satu pelaku dari Nth Room. Namun, jaksa penuntut mengajukan penundaan dalam penyelidikan tersebut.

"Tolong diskualifikasi dia, sehingga dia tidak bisa menabur pengaruh dalam kasus ini. Jika dia memikirkan korban, seharusnya dia tidak pernah kembali sebagai hakim kejahatan seks jika dia memikirkan hak asasi manusia," ujar salah seorang pemohon dalam petisi, dikutip dari Naver via News Map.

Kasus Nth Room telah menyeret sedikitnya 260.000 orang dalam kejahatan seksual anak di bawah umur. Pelaku Cho Joo Bin yang merupakan dalang dan admin dari Nth Room telah berhasil ditangkap. Perkembangan kasus pun kian meluas kala fakta dibalik 'hidden cam' kasus yang menimpa aktris Shin Se Kyung dan Bomi APINK adalah Cho Joo Bin.

Hingga kini pihak Kepolisian Metropolitan Seoul masih memburu para pelaku dan mengembangkan kasus dari Nth Room. Sejumlah selebritas Korea Selatan pun telah menunjukkan dukungannya atas terungkapnya para pelaku kejahatan.

Rekomendasi