Terawan yang Akhirnya Nongol di Rapat DPR

Tim Editor

Menkes Terawan Agus Putranto (Gabriella Thesa/era.id)

Jakarta, era.id - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto tak kelihatan di depan publik beberapa waktu terakhir. Padahal beliau adalah salah satu pejabat yang berada di garda terdean di tengah wabah virus korona baru.

Terawan memiliki kuasa yang besar setelah Presiden Jokowi memutuskan untuk memberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dalam PP tersebut, Pemerintah daerah boleh menerapkan PSBB dengan mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan (Menkes).

Tapi, dalam dua minggu ini Terawan justru tak nampak sama sekali. Tidak saat Jokowi mengumumkan soal PP, tidak juga dalam acara konferensi pers atau peninjauan fasilitas kesehatan.

Bahkan, saat Jokowi meninjau Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran pada Senin, 23 Maret 2020 lalu, Terawan tak terlihat mendampingi Jokowi. Saat itu, Jokowi hanya didampingi oleh Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Terawan juga masih absen saat Jokowi menunjau kesiapan Rumah Sakit Darurat penanganan COVID-19 di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Presiden justru didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Doni Monardo.

Rupanya, ketidakhadiran Terawan ini mendapat perhatian dari Wakil Ketua Komisi IX Nihayatul Wafiroh yang memimpin rapat dengar pendapat bersama dengan Menkes, Menaker Ida Fauziyah dan Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

"Pak Terawan sehat?" tanya Nihayatul usai mendengar pemaparan Terawan dalam RDP yang dilakukan secara virtual.

"Sehat. Iki kademen (ini kedinginan)," jawab Terawan sambil tersenyum dan merapatkan jaket warna abu-abu yang dikenakannya.

"Lama enggak kelihatan, lagi poso (puasa) kayaknya. Jaketan terus, sehat-sehat ya pak," kata Nihayatul.

"Inggih, nggih," sambung Terawan.

Setelah itu RDP kembali berlangsung dan Nihayatul mempersilahkan Menaker Ida Fauziyah memberikan paparan. Sebelumnya, Doni Monardo sudah terlebih dulu memberikan paparan.


 

Tag: menkes

Bagikan: