Harga Jahe Merah yang Makin Enggak Masuk AKal

| 03 Apr 2020 09:00
Harga Jahe Merah yang Makin Enggak Masuk AKal
Ilustrasi kegiatan di sebuah pasar di Jakarta (Foto: Anto/era.id)
Mesuji, era.id - Banyaknya broadcast di Grup Whatsapp soal keampuhan mengonsumsi jahe merah untuk menangkal COVID-19 bikin harganya melonjak tajam. Di Lampung, harga jahe merah bahkan tembus Rp120 ribu/Kg.

Dikutip dari Antara, Jumat (3/4/2020), harga jual jahe merah di Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Lampung, terus melonjak tinggi. Para pedagang sayur di Pasar Tanjung Raya mengaku tak bisa apa-apa menghadapi lonjakan harga ini. Soalnya, banyak permintaan dari pembeli tapi tak disertai pasokan dari Pulau Jawa yang cukup.

"Jahe merah Rp120 ribu per kg, awalnya Rp40 ribu, naik dari tiga hari lalu. Banyak yang beli, gak sesuai sama pasokan, katanya buat obat," kata Endang, salah satu pedagang di Pasar.

Sejumlah pembeli mengaku kepada Endang bahwa empon-empon seperti jahe, temulawak dan lainnya bagus untuk menjaga kesehatan sehingga diharapkan bisa menangkal virus korona.

Pedagang sayur lain, Parjo mengatakan bahwa empon-empon paling ramai dicari dan dia membatasi pembelian komoditas itu maksimal satu kg.

"Empon-empon tuh yang lagi rame-ramenya, biasanya pelanggan beli dari 0,5 kg hingga satu kg," kata Parjo.

 

Rekomendasi