Bagaimana COVID-19 Bisa Menulari Harimau di Kebun Binatang Bronx?

| 06 Apr 2020 10:10
Bagaimana COVID-19 Bisa Menulari Harimau di Kebun Binatang Bronx?
Ilustrasi harimau (Photo by Clovis WOOD on Unsplash)
Jakarta, era.id - Pihak kebun binatang Bronx yang ada di Kota New York, Amerika Serikat sedang pusing tujuh keliling. Salah satu penghuni mereka, seekor Harimau Malaya bernama Nadia, positif terinfeksi virus korona baru.

Harimau betina berusia empat tahun tersebut sudah dites di Laboratorium Layanan Kedokteran Hewan Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Soalnya Nadia dan enam harimau lainnya mengalami batuk kering.

"Sepengetahuan kami, ini adalah pertama kalinya seekor binatang (liar) sakit karena COVID-19 dari seseorang," kata kepala dokter hewan untuk Kebun Binatang Bronx,  Paul Calle seperti dikutip dari National Geographic, Senin (6/4/2020).

Nadia mendapati gejala paling parah, yaitu tak nafsu makan. Enam ekor lainnya masih dalam kondisi baik. Pihak kebun binatang menyebut keenam ekor lainnya masih ceria dan mau berinteraksi dengan para penjaga.

Dugaan kuat, Nadia terinfeksi dari salah satu penjaga kebun binatang. Kini siapa orang itu, masih yang masih ditelusuri.

"Ini satu-satunya hal yang masuk akal," kata Calle soal dugaan ini. Kebun binatang ini sendiri sudah ditutup untuk pengunjung sejak 16 Maret lalu.

 

Tags : covid-19
Rekomendasi