Nasib Tragis Hewan Sirkus di Italia: Terlantar dan Kelaparan

| 20 Apr 2020 21:05
Nasib Tragis Hewan Sirkus di Italia: Terlantar dan Kelaparan
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Sudah hampir dua bulan Millennium Circus di Italia berhenti beroperasi dan terjebak di sebuah lahan parkir. Walhasil, hewan-hewan sirkus yang biasa dipersiapkan untuk pertunjukan pun terlantar dan kelaparan.

Ilamas, unta, dan kuda poni bahkan terlihat berjajar di depan kandang masing-masing. Seolah meminta bantuan makanan dan air untuk bisa menyelamatkan nyawanya. Ada juga seekor kanguru yang terbaring tak berdaya di kandangnya.

"Mereka makan sekitar 200 kilo makanan ternak sehari, serta apel dan wortel. Dan mereka minum sekitar 1.000 liter setiap harinya," kata Derek Coda Prin, selaku direktur artistik, dikutip dari AFP, Senin (20/4/2020).

Jika mengikuti jadwal pertunjukkan, Millennium Circus ini diagendakan tampil di sepanjang Pantai Liguria, bagian utara Italia. Sayangnya pandemi COVID-19 merusak agenda tersebut dan membuat sedikitnya 40 hewan lebih kelaparan.

 

Pemerintah Italia memberlakukakan kebijakan penguncian (lockdown) sejak 9 Maret 2020 dengan skala nasional. Sejak saat itu juga semua kegiatan sirkus dihentikan, bahkan sebelum lockdown berlaku. Terlebih perjalanan Millennium Circus ini harus bergantung ke bantuan asosiasi lokal dan pecinta hewan untuk memberikan makanan ke hewan-hewan liarnya.

Tak ingin hewan-hewan itu mati kelaparan, sejumlah warga secara bergantian menyumbang makanan dan buah untuk para staf dan hewan yang kelaparan. Dengan sedikit bantuan itu, 40 binatang, termasuk burung beo, angsa, hingga kerbau sedikit lebih aman dan terselamatkan dari jurang kematian.

"Mereka adalah teman hidup kami dan kami berusaha merawat mereka dengan cara terbaik. Tapi mereka tidak seperti anjing atau kucing yang bisa diberikan sisa makan siangmu," katanya.

Kekhawatiran tak sampai di situ, Coda Pin juga khawatir setelah pandemi ini berakhir orang-orang akan malas menonton pertunjukkan karena bentuk penularan virus bisa disebabkan dari hewan-hewan liar. Ini menjadi masalah serius dan masa depan bagi sirkus mereka.

Sejauh ini, Millenium Cirucus berada di bawah kendali ENPA, sebuah asosiasi nasional untuk perlindungan hewan, yang juga memerangi eksploitasi hewan dalam kegiatan sirkus.

Tags : covid-19
Rekomendasi