Mau Dagangan Tokcer? Coba Colek Akun Medsos Ganjar Pranowo

| 03 May 2020 21:44
Mau Dagangan Tokcer? Coba Colek Akun Medsos Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (Foto: Anto/era.id)
Semarang, era.id - Aniek Kurnia (52), warga Kagungan Lor Kabupaten Rembang tidak menyangka keisengannya malah berbuah manis. Kini dagangan ikan terinya jadi ramai yang membeli.

Semua berawal ketika Aniek iseng mengunggah barang dagangannya di akun media sosial pribadi milik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Siapa sangka, tidak lama berselang, ikan teri Aniek malah diborong Ganjar. Malah Ganjar juga memberi 'bonus' kepada Aniek. Dia mengunggah ulang dagangan Aniek ke akun media sosialnya.

"Seneng banget, alhamdulillah berkat bantuan Pak Ganjar, sekarang pesanan terus mengalir. Jadi berkah," kata Aniek.

Sejak COVID-19 mewabah di Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memang lagi sering membeli dan promosi produk buatan warganya. Dengan jumlah pengikut yang mencapai lebih dari 1,5 juta orang, Ganjar sukarela menjadi bintang iklan produk-produk warganya. Ambil contoh saat Ganjar membeli sambal, dia tidak lupa untuk memberikan testimoni dan ajakan bagi pengguna media sosial lainnya, untuk turut memborong produk sambal yang dia promosikan.

"Sebenarnya saya hanya ingin mendorong, ayo kita berjualan dan ayo kita membeli dari tetangga atau orang-orang terdekat dan mereka yang membutuhkan. Di tengah wabah COVID-19 ini, banyak orang kesusahan dan mencoba survive dengan jualan kecil-kecilan. Maka saya ingin bantu memasarkan dan mengharapkan masyarakat membantu dengan membeli," ucap Ganjar seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Minggu (3/5/2020).

Media sosial, lanjut dia, merupakan saluran yang tepat untuk memasarkan produk warganya itu. Selain karena akunnya diikuti oleh banyak pengikut, testimoni di media sosial juga lebih berpotensi viral.

“Medsos itu bagus, jangkauannya besar. Apalagi sekarang mereka tidak bisa dagang langsung, ketemu sama masyarakat. Maka, media online ini bisa dipakai,” terangnya.

Selama Covid-19 ini melanda, Ganjar mengatakan banyak menerima tawaran dari masyarakat, apakah sekadar untuk membantu memasarkan atau membelinya. Alhasil, sampai hari ini pria berambut putih ini mengatakan sudah membeli banyak produk yang ditawarkan itu.

“Ada buah-buahan, madu, jamu, teri nasi, oseng-oseng, sambel, peyek, es campur dan banyak lagi produk lainnya. Pokoknya kalau ada masyarakat mention saya di medsos, ‘pak saya jualan ini pak’, ya saya beli. Sambil tentu saya bantu pasarkan lewat postingan,” terangnya.

“Kaos Bersama Lawan Corona, Nyedak Keplak yang biasa saya pakai itu sekarang larisnya minta ampun. Artinya, karena saya si pembuat kaos ini jadi bisa dapat rezeki. Jadi saya selalu mengajak masyarakat untuk berusaha, yakinlah di antara musibah pasti ada berkah. Yang penting kita niat betul-betul dan berdoa,” tutupnya.

 

Rekomendasi