Kasihan Ganjar Pranowo, Youtubenya Diretas dan Diubah Jadi Channel Investasi

| 26 Apr 2022 10:59
Kasihan Ganjar Pranowo, Youtubenya Diretas dan Diubah Jadi Channel Investasi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Setkab)

ERA.id - Channel Youtube Ganjar Pranowo yang telah memiliki 1,26 juta subscriber, diretas. Gubernur Jateng itu sendiri yang mengabarkannya lewat akun Instagram dan Twitter pribadinya.

"Akun Youtube Channel Ganjar Pranowo telah diretas pihak lain. Saat ini akun sedang coba dipulihkan dengan bantuan pihak Youtube. Mohon berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan Youtube Ganjar Pranowo," tulisnya.

Di akun @ganjar_pranowo tersebut juga disertai penjelasan bahwa akun diretas dan tidak bisa diakses sejak Senin 25 April 2022 dini hari.

"Bahkan nama akun sempat berubah atau direname menjadi akun lain. Saat ini akun tidak bisa diakses sama sekali," tulis Ganjar.

Dari pengumpulan data yang dilakukan tim Channel Ganjar Pranowo, diketahui akun tersebut diretas pada Senin, 25 April 2022 pukul 04.10 WIB.

Namun kapan pastinya akun itu mulai diretas tidak diketahui karena tim justru mengetahui dari laporan netizen yang mengirim DM Instagram.

Setelah dicek, ternyata benar. Channel Youtube Ganjar Pranowo tiba-tiba sudah berganti nama menjadi Binance Live. Pihak yang meretas itu mengganti nickname, display picture, dan banner youtube.

Semua konten dari youtube Ganjar Pranowo diprivate dan mereka melakukan live streaming untuk penayangan konten Binance.

Ketika sedang coba dipulihkan, mendadak muncul tulisan sign out dan disuruh login kembali. Berikutnya, muncul keterangan bahwa channel Youtube sudah hilang atau tidak tertaut dengan email semula.

Ganjar menambahkan, sampai saat ini tidak ada pesan dari pihak manapun yang mengaku bertanggung jawab terhadap peretasan tersebut.

"Saya belum tahu siapa yang melancarkan serangan ini. Entah kerjaan orang iseng atau ada maksud-maksud tertentu. Mohon doa agar channel Ganjar Pranowo segera bisa dipulihkan," katanya.

Rekomendasi