Ya Ampun, Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di Aceh Kebanjiran

| 08 May 2020 18:10
Ya Ampun, Ruang Isolasi Pasien COVID-19 di Aceh Kebanjiran
Banjir akibat intensitas hujan tinggi yang melanda Kota Banda Aceh (ANTARA/Khalis)
Banda Aceh, era.id - Hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kota Banda Aceh. Di negeri ini, sehabis hujan terbitlah banjir. Bencana itu juga terjadi, bahkan hingga menggenangi ruang Pinere Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zanoel Abidin Banda Aceh, tempat isolasi pasien terkait COVID-19.

Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, dr Azharuddin bilang, banjir akibat intensitas hujan tinggi itu juga merendam ruang isolasi rumah sakit. Ada tiga pasien terkait virus corona di dalam sana sehingga harus dievakuasi petugas medis.

"Pasien aman semua. Pasien dipindahkan ke RICU (Respiratory Intensive Care Unit) dan ruang Thalassemia yang aman, tinggi, dan bebas banjir," kata dr Azharuddin seperti dilansir dari Antara, Jumat (8/5/2020).

Hujan dengan intensitas tinggi ini mengguyur Banda Aceh sejak Kamis (7/5) kemarin. Akibatnya, 14 desa, dalam tujuh kecamatan kebanjiran. Termasuk juga ruang isolasi pasien corona.

Sejumlah area di bangunan lama RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh terggenang banjir, kecuali ruang RICU dan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

"Semua area RSUD Zainoel Abdin yang lama rata-rata kena banjir kecuali RICU dan IGD," kata dr Azhar.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap curah hujan yanh tinggi tersebut.

"Kita perlu waspada hujan deras yang mengakibatkan banjir di kota kita. Kita berharap kepada warga tetap waspada, siaga dengan baik, kalau hujan selamatkan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi," kata Aminullah.

Rekomendasi