172 WNI Baru Pulang dari Luar Negeri Dirawat di Wisma Atlet

| 14 May 2020 12:15
172 WNI Baru Pulang dari Luar Negeri Dirawat di Wisma Atlet
RSD Wisma Atlet (Dok. PUPR)
Jakarta, era.id - Sebanyak 172 Warga Negara Indonesia (WNI), terdiri atas anak buah kapal, jemaah tablig, dan mahasiswa yang tiba dari luar negeri, menjalani perawatan rawat inap di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Sebanyak 172 orang menjalani perawatan di RSD Wisma Atlet," ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (14/5/2020).

Yudo menjelaskan, total keseluruhan WNI yang tiba dari luar negeri, terdiri atas anak buah kapal, jemaah tablig, dan mahasiswa berjumlah 1.806 orang.

Dari total keseluruhan tersebut, sebanyak 172 orang menjalani rawat inap di RSD Wisma Atlet, 1.006 orang diperbolehkan pulang, dan 628 orang lainnya masih menunggu hasil swab.

Mereka yang masih menunggu hasil swab menjalani isolasi di beberapa lokasi yang telah ditetapkan, seperti di Asrama Haji Pondok Gede, Panti Sosial Bambu Apus, dan sejumlah hotel.

Berikut rincian data yang disampaikan oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulisnya.

1. WNI di Kapal MV. Arthania sebanyak 58 orang. 43 orang di antaranya diperbolehkan pulang, 15 orang lainnya menjalani rawat inap di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

2. WNI di Kapal MV. Eksplorer Dream sebanyak 359 orang. 353 orang di antaranya diperbolehkan pulang, enam orang lainnya masih berada di Hotel Ambhara dan Hotel Falatehan.

3. WNI di Kapal MV. Amsterdam sebanyak 177 orang, seluruhnya telah diperbolehkan pulang.

4. WNI di Kapal MV. Quantum of The Seas berjumlah 93 orang, saat ini berada di Hotel Grand Mercure, Jakarta, menunggu hasil swab.

5. WNI di Kapal MV. Win Sprit berjumlah 30 orang, saat ini berada di Hotel Ambhara, Jakarta, menunggu hasil swab.

6. WNI di Kapal MV. Viking Orion sebanyak 42 orang, saat ini menunggu hasil swab di Hotel Pullman, Jakarta.

7. WNI di Kapal MV . Costa Cruise sebanyak 11 orang, seluruhnya dinyatakan negatif COVID-19 dan saat ini berada di Hotel Swiss Bell Cengkareng, Jakarta Barat.

8. WNI di Kapal MV. Long Xin berjumlah 14 orang, saat ini tengah menunggu hasil swab di Panti Sosial Bambu Apus Jakarta Timur.

9. WNI di Kapal MV. Freedom dan Carnival Valor berjumlah 211 orang, 55 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang, sementara 156 orang lainnya menjalani rawat inap di RSD Wisma Atlet.

10. WNI di Kapal MV. Poluma Portugal berjumlah satu orang, dinyatakan positif COVID-19 dan menjalani rawat inap di RSD Wisma Atlet.

11. WNI di Kapal MV. Carnival berjumlah 375 orang, seluruhnya telah diperbolehkan pulang.

12. WNI jemaah tablig berjumlah 196 orang, saat ini menjalani isolasi menunggu hasil swab di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

13. WNI di Kapal Royal Carribean Cruice Line (RRCL) Bridgestone-Barbados berjumlah 223 orang, saat ini menjalani isolasi menunggu hasil swab di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

14. WNI rombongan SMK magang di Jepang berjumlah 16 orang, saat ini menjalani isolasi menunggu hasil swab di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

 

Rekomendasi