Kartu Prakerja Tawarkan Instal Windows 10 Seharga Rp260 Ribu, Sebandingkah?

| 15 May 2020 17:15
Kartu Prakerja Tawarkan Instal Windows 10 Seharga Rp260 Ribu, Sebandingkah?
Ilustrasi (Dok. Setkab)
Jakarta, era.id - Program Kartu Prakerja menawarkan berbagai pelatihan hingga 2000 jenis, yaitu ada 189 lembaga penyelenggara pendidikan di 8 platform. Kini, warganet Twitter dibuat heboh dengan salah satu kursus online, yaitu instalasi windows 10 yang dikenakan biaya sebesar Rp260 ribu rupiah.

Foto yang beredar melalui Twitter itu menunjukkan pernyataan yang permasalahkan pelatihan berjudul "Desktop Modern untuk Pemula: Instalasi Windows 10" yang dipelopori oleh Pijar Mahir.

Ketika ditelusuri, website Pijar Mahir menawarkan pelatihan yaitu kursus yang dilaksanakan melalui aplikasi MyEduSolve dalam bentuk pembelajaran online yang disediakan sertifikat di akhir kursus.

Kursus itu terdiri dari empat materi, yaitu mempersiapkan penginstalan Windows 10, menginstall Windows 10, konfigurasi update untuk Windows 10, dan melakukan konfigurasi post-installation

Kursus dilakukan setiap saat secara online dengan durasi kursus diselesaikan selama delapan jam bersama pengajar Brian Hinkelman. Kursus mencakup video pembelajaran, dokumen pembelajaran, soal dan penugasan, dan sertifikat penyelasaian.

Salah satu warganet bernama Yogi Natasukma permasalahkan harga cukup tinggi yang tidak sebanding dengan pembelajaran didapat dengan mengunggah screenshot kursus tersebut.

"260k untuk kursus ngeklik tombol "next"?" tanya @SoundOfYogi pada Kamis (14/5/2020).

Unggahan itu langsung dibanjiri komentar dari warganet yang menyarankan orang-orang supaya belajar Windows 10 dengan menonton edukasi dari YouTuber India secara gratis dan menganggap ini hanya sebuah akal-akalan dari pelatih tersebut.

"Nonton yutuber India aja gratissss brooo, mereka sampe bela2in bales komen dari pertanyaan basic 'Hewlo evribade in todey totorial we a gonna learn how to instoll da windows 10'" tulis @fadalaudza_.

"Programnya bagus sebenernya sih, tapi emang bener masih ada akal akalan dari yang ngejual pelatihan, padahal pelatihan kek gitu diyutub banyak, coba dong bikin pelatihan cara untuk menjadi dewan pemerintahan tanpa orang dalam" tulis @mcwazowsky.

"260rb cuma buat belajar install sama update? Di youtube banyak" tulis @ciamikboy.

"Bisa ga sih bikin program keahlian yang sesuai dengan biaya yang sesuai dengan biayanya dan lebih original? Kalau sekedar instalasi Windows 10 aja mah keknya udah banyak tutorial di Youtube." tulis @taufiqdatau.

Rekomendasi