Enam Daerah Nol Kasus Baru, Pemerintah Ingatkan Waspada OTG

| 17 May 2020 21:01
Enam Daerah Nol Kasus Baru, Pemerintah Ingatkan Waspada OTG
Ilustrasi (Angga/era.id)
Jakarta, era.id - Pemerintah Indonesia mengumumkan data penambahan kasus positif COVID-19 setiap provinsi di Tanah Air. Dari data yang diumumkan hari ini, tercatat ada enam daerah yang tak memiliki catatan penambahan kasus.

Dari 34 provinsi, ada delapan daerah yang tercatat nol kasus baru yaitu Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat.

Per hari ini, tercatat ada penambahan kasus positif korona sebanyak 489 kasus. Total kasus positif korona di Indonesia per hari ini berjumlah 17.514 kasus.

"Kasus sembuh meningkat 218 orang sehingga total menjadi 4.129 orang. Kasus meninggal 59 orang sehingga totalnya menjadi 1.148 orang," papar Juru Bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di Graha BNPB, Minggu (17/5/2020).

Sementara akumulasi data terkait dengan Orang Dalam Pemantauan ada 270.876 orang dan pasien dalam pengawasan 35.800 orang. Data tersebut berasal dari 387 Kabupaten/Kota yang terdampak di 38 Provinsi di Indonesia.

Terus terjadinya penambahan kasus ini, kata Yuri menunjukan masih adanya penyebaran virus korona di sekitar kita. Karenanya, pemerintah meminta agar masyarakat mewaspadai orang tanpa gejala (OTG) yang berpotensi menyebarkan virus tanpa disadarinya.

"Ini gambaran yang sangat jelas bahwa kasus baru masih terus terjadi. Oleh karena itu berarti kasus positif sebagai pembawa virus masih berada di tengah-tengah kita dan inilah yang berkali-kali sebutkan OTG, tanpa gejala sedangkan di dalam tubuhnya membawa virus," kata Yuri.

Rekomendasi